Sukses

Aksi Relawan Sediakan 1 Juta Kopi untuk Tenaga Medis Lawan Corona

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara dilakukan masyarakat demi mendukung kerja keras para tim medis yang berada di garis terdepan menangani pasien terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Termasuk demi menggugah nurani setiap orang di seluruh penjuru negeri untuk ikut berpartisipasi.

Salah satunya dengan membagikan secara gratis 1 juta kopi hangat untuk para tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat, hingga petugas kebersihan rumah sakit.

Penanggung Jawab Aksi Kopi Jujur, Prajoga Darmawan menyampaikan, kegiatan itu dilaksanakan sejak 30 Maret 2020 dan akan berlanjut hingga 31 Mei 2020.

"Kami memberikan dukungan minuman hangat berupa kopi yang diolah menggunakan 100 persen kopi asli dan air jahe gula aren yang dapat menambah stamina dan aman untuk dikonsumsi oleh dokter hingga karyawan rumah sakit yang menjadi garda terdepan penanggulangan Covid-19 di Jakarta," tutur Prajoga dalam keterangannya, Senin (6/4/2020).

Menurut Prajoga, sudah ada 10 ribu stok kopi yang tersedia hasil donasi Bencoolen Coffe dan sebagian telah dibagikan ke tenaga medis. Pelaksanaannya sendiri dilakukan di delapan rumah sakit rujukan pemerintah dalam penanganan virus Corona atau Covid-19.

"Dimulai dengan lima rumah sakit yaitu RS Bhayangkara Kelapa Dua, RSAL Mintohardjo, RSUD Cengkareng, RSIP Sulianto Saroso, dan RS Persahabatan pada minggu lalu. Dan dilanjutkan pada RSPAD Gatot Soebroto, RS Fatmawati, dan RSUD Pasar Minggu," jelas dia.

Prajoga berharap, aksi ini dapat menular ke setiap elemen masyarakat sehingga turut memberikan bantuan apapun sesuai kemampuan dalam upaya memerangi pandemi Covid-19.

"Kami mengajak seluruh komunitas kopi, para barista Indonesia, pengusaha, para milenial, influencer, selebgram, Youtuber, blogger, tiktokers, public figure, dan seluruh masyarakat luas menggelar aksi peduli sebagai bentuk solidaritas melawan wabah corona," ujar Prajoga.

Lebih lanjut, bagi yang ingin berpartisipasi dalam bentuk penggalangan dana bisa mengunjungi website benihbaik.com dengan kata kunci benih kopi jujur dan kitabisa.com dengan kata kunci kopi jujur lawan corona.

"Segala bentuk support dan dukungan akan sangat berarti bagi kami dan para tenaga medis di delapan rumah sakit rujukan Covid-19," Prajoga menandaskan.

2 dari 3 halaman

Semua yang Keluar Rumah Harus Pakai Masker

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta semua masyarakat memakai masker apabila beraktivitas di luar rumah. Hal ini sesuai anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Jokowi menyebut saat ini pemakaian masker bukan hanya untuk orang yang sakit saja. Namun, masyarakat yang sehat pun memakai masker agar tak terinfeksi virus corona.

"WHO di awal menyampaikan bahwa yang pakai masker hanya yang sakit, (orang) sehat enggak. Tapi sekarang enggak, semua yang keluar rumah harus pakai masker," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Senin (6/4/2020).

Untuk itu, Jokowi meminta agar ketersediaan masker mulai disiapkan dan diberikan kepada masyarakat. Pasalnya, masyarakat kini wajib menggunakan masker.

"Kita ingin setiap warga yang keluar rumah wajib menggunakan masker," ucap Jokowi.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: