Sukses

Gempa M 4,9 Guncang Lumajang Jatim, Terasa hingga Bali dan Lombok

Gempa dengan kedalaman 60 km itu dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,9 itu terjadi pada Minggu (5/4/2020) pukul 07:15:24 WIB tadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya melaporkan, titik gempa berada di 100 km barat daya Lumajang atau pada koordinat 9.02 LS - 113.04 BT.

Gempa dengan kedalaman 60 km itu dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Gempa juga dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Timur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) yang beragam, antara lain Lumajang III MMI, Malang III MMI, Jember III MMI, dan Banyuwangi III MMI.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terasa hingga Bali dan NTB

Gempa juga terasa hingga di luar wilayah Jawa Timur, seperti Kuta III MMI, Denpasar III MMI, Jimbaran II MMI, Mataram II MMI, dan Lombok Utara II MMI.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan resmi terkait dampak gempa tersebut.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi