Sukses

Top 3 News: Kenali Gejala Terinfeksi Corona Covid-19 di Minggu Pertama

Top 3 news, gejala seperti apa yang dapat diamati jika seseorang mulai terpapar Corona?

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, kasus pasien positif Corona atau Covid-19 terus bertambah. Pemerintah mengupdate, jumlah pasien positif hingga Sabtu, 4 April kemarin meningkat menjadi 2.092 kasus. 

Untuk menekan penyebaran virus ini, pemerintah terus mengeluarkan imbauan terkait social distancing, mencuci tangan, mengenakan masker, menghindari keramaian dan tetap berada di rumah. 

Lantas gejala seperti apa yang dapat diamati jika seseorang mulai terpapar virus Corona?

Sebagian besar pasien positif merasakan gejala tersebut 11 hingga 12 hari pertama setelah terpapar. Segera konsultasikan ke dokter atau menghubungi nomor telepon yang dianjurkan pemerintah. 

Suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius dan mengalami batuk tidak berdahak. Pada fase ini virus Corona mulai menginfeksi saluran pernapasan.

Berita lainnya yang juga jadi sorotan di News Liputan6.com, terkait jumlah pasien sembuh dan meninggal akibat terpapar Corona.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut, hingga Sabtu kemarin, 150 orang dinyatakan sembuh, sementara jumlah pasien meninggal dunia terjadi penambahan 10 kasus. Sehingga total menjadi 191 jiwa.

Sementara itu, bagi Anda yang bosan berada di dalam rumah, fenomena ini akan membantu kita istirahat sejenak dari rasa kekhawatiran tekait wabah Corona dan mungkin bisa sedikit menghilangkan kepenatan serta rasa bosan.

Saksikan fenomena Supermoon terbesar di 2020, pada Rabu, 8 April nanti.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 8 Ciri-Ciri Orang yang Terinfeksi Corona Covid-19 di Pekan Pertama

Jumlah pasien positif di Tanah Air kian hari semakin banyak. Data yang diupdate pemerintah, Jumat, 3 April kemarin, jumlah pasien terpapar Corona menjadi 1.986 orang.

Masyarakat juga diimbau mengikuti social distancing atau physical distancing untuk menekan penyebaran Corona.

Rapid test pun gencar dilakukan pemerintah untuk mendeteksi kasus-kasus positif baru. Peran aktif masyarakat juga diperlukan untuk dapat melakukan rapid test.

Namun, tidak semua orang bisa melakukan rapid test. Hanya mereka yang berisiko karena berkontak dengan pasien positif Covid-19 atau ada riwayat dari luar negeri dan menunjukkan sejumlah gejala yang mengarah ke penyakit tersebut.

Lantas gejala seperti apa yang dapat diamati di pekan pertama jika seseorang mulai terpapar Corona?

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Update Corona Per Provinsi 4 April 2020: Dari Positif, Sembuh, dan Meninggal

 Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan, masih terus ada penambahan kasus positif Corona. Data terbaru Sabtu (4/4/2020), ada penambahan kasus positif hingga mencapai 106 kasus.

"Data hari ini, penambahan 106 kasus positif, sehingga total kasus akumulatif menjadi 2.092 kasus," kata Yurianto di Graha BNPB Jakarta, Sabtu (4/4/2020).

Sementara itu, jumlah yang meninggal karena virus Corona atau Covid-19 juga bertambah 10 jiwa, sehingga totalnya mencapai 191 jiwa.

Jumlah yang terkonfirmasi positif, sembuh, dan meninggal karena Corona ini tersebar di hampir seluruh provinsi di Tanah Air. Berikut datanya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Istirahat Sejenak dari Corona, Supermoon Terbesar di 2020 Terjadi 8 April Nanti

Ketika seluruh dunia tengah disibukkan dengan wabah Corona, coba tengadahkan kepala Anda pada 7 April 2020 malam untuk menikmati supermoon. Pada hari itu, puncak supermoon atau purnama perige akan terjadi.

Jika langit cerah, fenomena ini dapat dilihat sejak Selasa 7 April 2020 senja. Ketika itu, arahkan pandangan ke langit di arah timur. 

"Akan terlihat bulatan Bulan yang ukurannya cukup besar dibandingkan biasanya. Ya, karena pada malam itu ia sedang menuju jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun ini," info Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) soal supermoon pada akun Instagramnya, Sabtu (4/4/2020).

BMKG menyebut, semakin malam, Bulan akan semakin dekat. Pada pukul 01.08 WIB, 8 April 2020, Bulan berada di perige dengan jarak 356.910 km dari Bumi.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.