Sukses

Lacak Pasien Corona, Pemerintah Kerahkan 5.000 Tenaga Medis dan 475.200 Rapid Test

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menggencarkan upaya untuk mendeteksi warga yang positif terinfeksi virus Corona namun belum terdata. Salah satunya dengan mendistribusikan 475.200 alat rapid test untuk deteksi dini infeksi virus Corona yang menyebabkan Covid-19 ke berbagai provinsi. 

"475.200 kit untuk rapid test telah didistribusikan ke seluruh dinkes provinsi untuk digunakan sebagai screening awal dalam kaitan penanganan untuk menemukan kasus positif untuk memutus rantai penularannya," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Covid-19 Achmad Yurianto, di BNPB, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020).

Selain itu, lanjut dia, ada sekitar 5.000 petugas kesehatan yang dikerahkan guna menelusuri kasus positif Corona di Indonesia. Sebab, pemerintah yakin, masih ada pasien positif Covid-19 yang berada di tengah masyarakat atau belum terisolasi.

"Dari kasus yang kita dapatkan menelusuri kontak dekat yang ada, ini sudah ada lebih dari 5.000 petugas kesehatan yang terjun di tengah-tengah masyarakat untuk melangsungkan penyelidikan epidemologi," tutur Yuri.

Menurut dia, pemerintah juga sudah mengambil 6.500 spesimen atau sampel dari seluruh Tanah Air yang dikirim ke 34 laboratorium untuk menentukan diagnosa Corona Covid-19 dalam pemeriksaan PCR.

"Ini akan memakan energi, memakan SDM yang cukup banyak, dan ini akan terus kita lakukan," kata Yuri.

 

2 dari 3 halaman

Minta Masyarakat Patuh

Oleh karena itu, dia kembali mengingatkan masyarakat agar mendengarkan dan menaati semua anjuran pemerintah. Antara lain melakukan social distancing, rajin cuci tangan, dan tidak mudik di tengah wabah Corona.

"Komitmen kita ke depan sudah barang tentu kita akan melangkah lebih agresif lagi untuk menentukan kasus baru, dan kemudian melakukan isolasi agar kemudian kita bisa memutus secara tegas rantai-rantai penularan yang lebih luas di masyarakat," kata Yuri.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: