Sukses

Terapkan 10 Cara Ini untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Sudah hampir satu bulan, alih-alih menunjukkan penurunan, angka kasus positif virus Corona Covid-19 di Indonesia justru terus meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona Covid-19 saat ini sudah menjadi pandemi dunia. Bahkan di Indonesia, tidak sampai satu bulan sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020, pasien positif sudah lebih 1.000 orang.

Sudah hampir satu bulan, alih-alih menunjukkan penurunan, angka kasus positif virus Corona Covid-19 di Indonesia justru terus meningkat.

Pemerintah Indonesia pun melakukan berbagai cara demi mencegah penyebaran virus Corona Covid-19, mulai dari jaga jarak fisik atau physical distancing, kerja dari rumah (WFH), belajar di rumah, hingga beribadah dari rumah.

Namun, rupanya, angka kasus pasien positif positif Corona Covid-19 akan terus meningkat jika masyarakat tidak ikut berupaya mengatasi dengan menuruti anjuran pemerintah.

Selain itu, masyarakat juga harus tahu cara ampuh mencegah penyebaran virus corona. Salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Berikut 10 cara yang dapat kita lakukan demi pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rajin Mencuci Tangan

Sekitar 98 persen penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit berasal dari tangan. Mencuci tangan hingga bersih dengan air mengalir dan sabun secara efektif mampu membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Tak terkecuali virus Corona Covid-19. Tak heran, di tengah pandemi corona ini, WHO dan pemerintah mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan bersih.

Selain itu, virus Corona Covid-19 ini juga dianggap akan luluh jika terkena sabun.

 

3 dari 11 halaman

Hindari Sentuhan Fisik

Cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona berikutnya yaitu hindari melakukan sentuhan atau kontak fisik.

Sentuhan fisik itu mulai dari berjabat tangan hingga berpelukan dengan orang lain. Hal tersebut juga telah disarankan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia).

 

4 dari 11 halaman

Jaga Jarak

Kemudian, kita dianjurkan untuk menjaga jarak sosial saat pandemi Corona. Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan jika tidak ingin terinfeksi virus corona.

Pemerintah pun juga telah melakukan kampanye jaga jarak fisik atau physical distancing.

Dengan melakukannya, itu berarti kita sudah satu langkah mencegah penularan virus Corona.

Paling tidak, jagalah jarak dengan orang lain sekitar 1,5 meter. Tidak hanya di tempat umum, jaga jarak fisik juga bisa diterapkan di rumah.

 

5 dari 11 halaman

Hindari Perkumpulan Sosial

Pemerintah Indonesia bersama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah membuat peraturan terkait perkumpulan sosial.

Di tengah pandemi Corona, mereka memutuskan untuk menghentikan semua aktivitas keramaian. Ini sebagai bentuk cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona.

Tidak hanya di tempat umum, tindakan ini juga harus dilakukan di sejumlah tempat. Mulai dari gedung olahraga, tempat makan, hingga tempat ibadah.

 

6 dari 11 halaman

Etika Batuk dan Bersin

Salah satu penyebaran virus Corona yaitu melalui droplet atau percikan kelenjar liur. Percikan tersebut keluar saat seseorang batuk ataupun bersin.

Untuk itu, saat bersin dan batuk seseorang harus menutup mulutnya dengan tangan. Akan lebih baik lagi menggunakan tisu sebagai media menutup mulut.

Setelahnya, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir agar virus tidak menempel di tangan.

 

7 dari 11 halaman

Hindari Menyentuh Wajah

Cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona berikutnya yaitu menghindari menyentuh wajah. Usahakan untuk tidak menyentuh area segitiga wajah seperti mata, mulut, dan hidung.

Area ini memang lebih rentan tersentuh oleh tangan, baik sadar maupun tidak. Untuk itu, sangatlah penting bagi seseorang di tengah pandemi corona ini untuk menghindari menyentuh wajah. Sebab, hal ini bisa menjadi media penularan virus Corona.

 

8 dari 11 halaman

Hindari Berbagi Barang Pribadi

Telah dikatakan oleh sejumlah penelitian dan studi, virus Corona mampu bertahan hidup di permukaan hingga beberapa hari.

Maka dari itu, sangat penting bagi seseorang untuk tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain. Mulai dari peralatan makan, sedotan, handphone, hingga sisir.

 

9 dari 11 halaman

Rajin Bersihkan Perabotan

Tidak hanya tubuh, menjaga kebersihan tempat tinggal juga sangat penting. Ini juga menjadi salah satu cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona.

Bersihkan perabotan rumah terutama yang sering disentuh oleh anggota keluarga. Mulai dari gagang pintu, furnitur, meja hingga remot televisi. Kalian bisa menggunakan cairan disinfektan buatan sendiri untuk membersihkannya.

 

10 dari 11 halaman

Mencuci Bersih Makanan

Selain itu, menjaga kebersihan makanan juga menjadi salah satu cara ampuh mencegah penyebaran virus corona.

Rendam bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan menggunakan larutan cuka putih atau hidrogen peroksida. tentu yang digunakan harus aman untuk makanan.

Selain sebagai pembersih, cairan itu juga memiliki sifat antibakteri yang mampu mengatasi bakteri jahat pada makanan. Kemudian, simpan bahan makanan ke dalam kulkas agar tetap segar.

 

11 dari 11 halaman

Menjaga Imunitas Tubuh

Terakhir, menjaga imunitas tubuh menjadi cara ampuh mencegah penyebaran virus Corona. Tidak terlalu sulit, kalian hanya cukup mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.

Terlebih, pada sayur dan buah-buahan yang memang mampu meningkatkan imun tubuh.

Masyarakat dianjurkan untuk banyak makan sayur, buah dan makanan berprotein seperti ikan, telur dan daging tanpa lemak.

 

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Sumber : Merdeka

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.