Sukses

3 Hal Ini Bisa Jadi Wadah Penyebaran Virus Corona Covid-19

Untuk barang-barang yang dibeli atau diterima masyarakat secara daring, terkadang diperlakukan biasa, padahal berpotensi membawa virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Purnawan Junaidi mengatakan, masyarakat harus mewaspadai tiga sumber penularan virus Corona Covid-19.

Ketiganya adalah uang tunai, barang belanja dalam jaringan (daring), serta orang terdekat atau keluarga.

"Memang ada tiga sumber penularan (Corona Covid-19) yang orang suka lupa, barang online, uang cash, sama orang terdekat," ujar Purnawan di BNPB Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu (29/3/2020).

Purnawan yang juga merupakan Ketua Aliansi Telemedia Indonesia menjelaskan, untuk barang-barang yang dibeli atau diterima masyarakat secara daring, terkadang diperlakukan biasa.

Padahal, menurutnya, barang tersebut bisa berpotensi membawa virus juga, termasuk orang yang mengantarnya.

"Barang-barang yang kita terima secara online itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang mengantar ini harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi," kata Purnawan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Uang Tunai dan Orang Terdekat

Tak hanya itu, lanjut Purnawan, uang tunai juga bisa menularkan virus dari orang per orang karena ada sentuhan benda dengan anggota tubuh terutama tangan.

Sehingga, kata dia, masyarakat diharapkan mengusahakan cara-cara tertentu sehingga transaksinya lebih aman.

"Uang cash itu akan menular dari orang ke orang jadi itu harus ada caranya. Kalau saya pegang pakai plastik saya taruh di tempat khusus di rumah," ucapnya.

Kemudian yang terakhir, lanjut Purnawan, adalah orang terdekat, terutama yang masih muda. Di mana, meski memiliki imun tubuh yang baik dan kondisi badan yang tidak mudah sakit, bisa menjadi pembawa virus atau carrier yang bisa menularkannya pada lansia.

"Jadi untuk yang sudah lansia terutama, sementara hati-hati jika berhubungan dengan cucu, kita harus selalu berhati-hati dan waspada, jangan lupa cuci tangan dan pakai masker," jelas Purnawan.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.