Sukses

Darurat Corona Covid-19, Kaya dan Miskin Diminta Saling Melindungi

Gotong royong merupakan modal sosial yang telah dimiliki bangsa Indonesia sejak dulu. Sikap ini bisa diterapkan dalam menangkal corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara pemerintah dalam penanganan Corona Achmad Yurianto menekankan pentingnya kekompakan dalam menghadapi kasus virus Corona atau Covid-19. Tercatat, 1.046 orang di Indonesia terinfeksi virus Corona pada Jumat (27/3/2020).

"Di mana semua orang saling melindungi dari Corona. Yang sakit melindungi yang sehat agar tidak tertular oleh penyakitnya. yang sehat melindungi yang sakit agar tidak keluar dari rumah dan melakukan kegiatan yang tidak perlu di luar rumah," ujar dia di Gedung BNPB, Jumat (27/3/2020).

"Kemudian yang kaya melindungi yang miskin agar bisa hidup dengan wajar dan yang miskin melindungi yang kaya agar tidak menularkan penyakitnya. Ini menjadi kerja sama yang penting," sambung dia.

Pria yang akrab disapa Yuri ini mengatakan, gotong royong merupakan modal sosial yang telah dimiliki bangsa Indonesia sejak dulu. Sikap ini bisa diterapkan dalam menangkal corona Covid-19.

"Saya optimis sebetulnya bekerja sama bergotong royong saling toleransi itu modalitas dasar kita sebagai bangsa Indonesia karena ini lah kepribadian kita yang sebenarnya," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Membantu

Yuri juga mengingatkan untuk terus bertoleransi dengan tetangga. Sikap itu juga diyakini dapat mengendalikan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Saling mengingatkan ini menjadi sesuatu yang peting. Saling membantu ini menjadi tulang punggung dari upaya untuk mengendalikan penyakit ini," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.