Sukses

Jubir: Jaga Jarak 2 Meter Cegah Penularan Corona Covid-19

Jumlah pasien positif virus Corona Covid-19 di Indonesia bertambah signifikan. Saat ini, sudah 1.046 dinyatakan positif Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien positif virus Corona Covid-19 di Indonesia sampai saat ini bertambah signifikan. Saat ini, sudah 1.046 dinyatakan positif Corona Covid-19.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, naiknya jumlah kasus ini lantaran masih adanya kontak dekat di masyarakat.

"Terjadi penambahan kasus yang signifikan, yaitu 153 kasus. Ini menggambarkan masih ada penularan, masih ada kontak dekat," ujar Yurianto di Gedung BNPB Jakarta Timur, Jumat (27/3/2020).

Oleh karena itu, Yuri kembali mengingatkan pentingnya jaga jarak atau physical distancing.

"Anjuran pemerintah jaga jarak harus dipatuhi. Jaga jarak setidaknya 2 meter," kata Yuri.

Karena, dia melanjutkan, pada jarak kurang dari 1,5 meter, dapat memberikan peluang penularan dari orang yang positif sakit kepada orang lain dengan mudah. Misalnya melalui percikan air liur atau yang biasa dikenal dengan droplet.

"Bisa saja kontak tidak langsung, tapi droplet itu kena barang pegangan bersama, kemudian pintu atau gagang pintu, railing tangga," ucap Yuri.

Yuri menegaskan, betapa pentingnya cuci tangan dengan sabun. Apabila menyentuh droplet tadi lalu memegang hidung atau mata, maka virus Corona Covid-19 pun dapat menular.

"Mari kita patuhi, hindari kontak dekat, jaga jarak komunikasi dengan siapa pun, baik di rumah maupun di luar rumah," tegas Yurianto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.046 Kasus Positif Corona Covid-19

 

Sebelumnya, juru bicara pemerintah penanganan Corona Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat, 27 Maret 2020 bertambah sebanyak 153 kasus.

Oleh karena itu, total keseluruhan pasien Covid-19 karena virus Corona di Indonesia menjadi 1.046 orang.

"Terjadi penambahan kasus yang signifikan 153 kasus baru yang kita dapatkan," ujar Yuri di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Menurut dia, data ini dikumpulkan sejak pukul 12.00 Kamis 26 Maret sampai pukul 12.00 WIB, Jumat 27 Maret.

Sementara, ada penambahan pasien Corona yang sembuh pada hari ini sebanyak 11 orang.

"Sehingga total sembuh 46 orang," tutup Yuri. 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.