Sukses

PKPI: Pemerintah Kerahkan Kemampuan Maksimal Atasi Dampak Corona Covid-19

Ia pun meminta masyarakat agar tetap tenang sekaligus waspada terhadap covid-19 dengan tetap menerapkan physical distancing.

Liputan6.com, Jakarta Total orang positif virus corona Covid-19 di Indonesia mencapai 893 orang, per Kamis (26/3/2020). Menghadapi ini, menurut Bendahara Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Iwan Bogananta, pemerintah terus berjibaku mengatasi dampak pandemi virus tersebut.

"Bukan main upaya Pemerintah untuk antisipasi corona. Mulai dari kebijakan WFH, penundaan cicilan kredit untuk UMKM, pembukaan beberapa tempat untuk menangani pasien-pasien corona, hingga realokasi anggaran senilai 62,3 T untuk pengadaan alkes dan tenaga medis," kata Iwan Bogananta dalam keterangannya, Kamis (26/3/2020).

Menurut dia, pemerintahan Jokowi sudah bekerja maksimal dan mengeluarkan kemampuan untuk mengatasi hal ini. "Sangat terlihat bahwa pemerintah sudah gaspol maksimal," ujar Iwan.

Ia pun meminta masyarakat agar tetap tenang sekaligus waspada terhadap covid-19 dengan tetap menerapkan physical distancing. Iwan berharap semuanya dipercayakan ke pemerintah.

"Semua prosedur penanganan Covid-19 di Indonesia telah dilakukan secara profesional dan sesuai standar WHO. Namun dukungan masyarakat juga diperlukan dengan tetap mengikuti instruksi pemerintah. Tetap menjaga diri dan kebersihan, physical distance, melakukan gerakan-gerakan kecil mulai dari diri sendiri dan lingkungan," ucap Iwan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tumbuhkan Kesadaran Masyarakat

Menurut dia, di tengah upaya maksimal pemerintah, kesadaran diri masyarakat merupakan hal terpenting. Karena penanganan Covid-19 tak bisa dilakukan serta merta di semua wilayah secara bersamaan karena keterbatasan sumber daya yang ada.

Dia pun mencontohkan beberapa daerah sudah melakukan swadaya, terutama mengadakan kebutuhan seperti hand sanitizer atapun masker.

"Kesadaran nasional menjadi kunci. Pemerintah pasti mendukung hal-hal seperti ini. Bersama, kita pasti bisa lawan corona," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.