Sukses

Cegah Covid-19, 40 Ribu Liter Disinfektan Disemprotkan di Klungkung

Penyemprotan Disinfektan dilakukan demi mencegah penularan virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Klungkung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung sangat serius menangani dan mengantisipasi penyebaran virus corona baru atau Covid-19. Salah satunya langkah pencegahan adalah dengan menyemprot disinfektan secara berkala. 

Sejumlah petugas yang didukung oleh armada pemadam kebakaran, terlihat menyemprot di sejumlah fasilitas umum seperti pasar, terminal, tempat rekreasi, perkantoran dan tempat wisata di Klungkung, Minggu sore (22/3/2020).

Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta berkomitmen untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid 19.

“Saya sudah menugaskan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) untuk menyiapkan profil tank yang berisi cairan disinfektan di sejumlah tempat umum, seperti di depan Monumen Puputan Klungkung, Balai Budaya dan Pasar Galiran. Disinfektan ini dibeli secara swadaya dengan menyisihkan sebagian kecil pendapatan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Klungkung untuk dibagikan gratis ke masyarakat," tutur Suwirta, dalam keterangannya, Selasa (23/3/2020).

Bupati Suwirta menyatakan, telah menghabiskan 40 ribu liter disinfektan. “Sejak Jumat (20/3/2020) lalu hingga sekarang, telah digunakan sebanyak 8 tangki cairan disinfektan dengan kapasitas masing-masing tangki 5 ribu liter. Anggarannya berasal dari pendapatan para Kepala OPD untuk dibelikan peralatan maupun bahan disinfektan, kemudian dibagikan secara gratis ke masyarakat. Saya juga akan menyemprot hingga setiap kecamatan dan objek wisata Nusa Penida," terang Suwirta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

99 ODP

Bupati Suwirta menambahkan, pihaknya akan membentuk posko Covid 19.

“Saya sudah menginstruksikan Kadis Kesehatan untuk membuat kajian asesmen tentang status bencana Kabupaten Klungkung. Saya juga akan membentuk posko Siaga Darurat Bencana Covid 19 sampai ke tingkat Desa. Hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih cepat perkembangan jumlah dan lokasi ODP (Orang Dalam Pemantauan), sehingga penyebaran virus dapat diawasi dan diantisipasi. Pencegahan penyebaran lainnya yaitu melakukan penyemprotan secara serentak pada Selasa (24/3), dengan menggunakan cairan desinfektan di tempat umum sampai ke tingkat desa”, papar Suwirta.

Pihaknya juga meminta OPD Pemkab Klungkung untuk dapat berperan aktif agar bisa meminimalisir penyebaran virus tersebut di Kabupaten Klungkung. Bahkan untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut, Bupati meminta agar penyemprotan disinfektan dapat dilakukan minimal tiga hari sekali. Hal ini dilakukan karena mengingat adanya peningkatan ODP. Tercatat hingga Minggu (22/3/2020), terdapat 99 ODP Covid-19 di Klungkung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini