Sukses

Anies Tutup Sekolah karena Corona di Jakarta: Bukan Hal Baru di Indonesia

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan menutup seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk mencegah penyebaran virus Corona di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan menutup seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk mencegah penyebaran virus Corona di Jakarta. Penutupan sekolah ini berlaku selama dua minggu ke depan.

Anies mengatakan, penutupan sekolah bukan hal baru di Indonesia.

"Ini bukan hal yang baru. Di indonesia beberapa kali melakukan kebijakan menutup sekolah dan belajar jarak jauh," ujar Anies Baswedan soal penutupan sekolah terkait Corona di Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Menurut dia, kebijakan ini biasa diberlakukan di daerah yang menghadapi musibah kabut asap.

"Ketika beberapa wilayah di Tanah Air terkena musibah asap dari hutan yang terbakar, di sana sekolah ditutup tapi kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah," kata Anies.

Sebelumnya, Anies Baswedan menutup kegiatan belajar mengajar di sekolah selama dua pekan ke depan karena Corona. Pelajar di DKI Jakarta akan melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah.

Dia juga meminta tempat kursus, untuk menunda kegiatan belajar mengajar secara langsung untuk mencegah penyebaran Corona di Jakarta.

"Kesimpulannya Pemprov DKI memutuskan untuk menutup semua sekolah di lingkungan di Provinsi DKI Jakarta dan akan melakukan proses belajar mengajar jarak jauh," ujar Anies.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekan Kegiatan Luar Rumah

Menurut dia, keputusan ini diambil untuk menekan penyebaran Covid-19 di Jakarta. Sejak Jumat 13 Maret 2020, Pemprov DKI juga sudah mengambil langkah menekan kegiatan masyarakat di luar rumah.

Dia mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah rapat bersama pihak terkait seperti Ikatan Dokter Indonesia Jakarta dan WHO Indonesia.

Anies Baswedan menuturkan, berdasarkan pemaparan dalam rapat, jumlah anak yang tertular Covid-19 memang kecil. Namun, anak-anak merupakan carier virus Corona.

"Kajian menunjukkan anak-anak tidak banyak terjangkiti Covid-19 tapi mereka carier. Artinya mereka penular dari orang dewasa satu ke yang lain. Sementara, kegiatan belajar mengajar, mulai dari pengajaran, antar jemput, melibatkan orang dewasa. Ini meningkatkan potensi penularan," tutur Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.