Sukses

Didesak Bentuk PAN Baru, Amien Rais Diyakini Loyalis Zulhas Tak Akan Mau

Menurutnya, Amien Rais sebagai orang yang melahirkan PAN tak mungkin meninggalkan partai.

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais didesak DPW-DPD pendukung Mulfachri Harahap untuk membentuk partai baru. Sebab, mereka kecewa dengan Ketua Umum PAN terpilih Zulkifli Hasan atau Zulhas yang tidak melibatkan Amien Rais dalam kepengurusan DPP PAN 2020-2025.

Loyalis Zulhas, Yandri Susanto tidak yakin Amien Rais akan memenuhi permintaan itu. Menurutnya, Amien Rais sebagai orang yang melahirkan PAN tak mungkin meninggalkan partai.

"Saya meyakini itu kalau Pak Amien insyaallah nggak mungkinlah, orang Pak Amien yang melahirkan PAN ini kok. Nggak mungkin, Pak Amien sangat sayang dengan PAN ini. Persoalan kontestasi itu hal yang biasa," kata dia kepada wartawan, Rabu (11/3/2020).

Desakan itu sebelumnya diutarakan Ketua DPW PAN Sulbar Muhammad Asri Anas dan salah satu pendiri PAN Putra Jaya Husin. Amien sendiri belum menjawab permintaan tersebut.

Yandri mengatakan, Asri Anas merupakan orang baru di partai dan pada Kongres 2015-2020 belum ikut. Dia menjelaskan, saat proses pemilihan yang dihadiri para ketua PAN di daerah tidak ada penolakan.

"Nggak ada protes, nggak ada yang onar, sesama ketua DPW dan DPD itu mereka saling kenal, nggak mungkin nggak kenal kemudian membiarkan pasti ribut. Itu kan saling kenal, bahkan saling berpelukan walaupun beda kubu," kata Yandri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Tahu Fakta

Setelah Zulkifli terpilih, Kongres menyetujui bahwa anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, program dan rekomendasi akan dibahas dengan tim khusus. Yandri mengatakan, Asri Anas tak tahu fakta tersebut.

"Dan itu diketok di forum Kongres dan sekali lagi Asri Anas nggak ada. Dia banyak berwacana tapi nggak tahu fakta," ucapnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.