Sukses

Nurmansjah Lubis Apresiasi Ide Jokowi-Ahok Tanggulangi Banjir, Apa Itu?

Cawagub DKI Jakarta Nurmansjah Lubis mengkritisi cara penanggulangan banjir dengan mekanisme sumur resapan.

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta Nurmansjah Lubis mengapresiasi ide penanggulangan banjir saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi masih menjabat Gubernur DKI Jakarta bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Dulu jaman Pak Jokowi-Ahok ada, bagus. Namanya cerucuk. Cerucuk itu dipasang di titik poin tertentu yang ada cekungan," kata Cawagub yang akrab disapa Aca itu di kawasan Tendean, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Mekanisme dasar cerucuk tersebut, lanjut Aca dengan memasukkan air hujan ke dalam sungai bawah tanah yang dibuat.

"Nanti bisalah (kita) modified sedemikian rupa sehingga ada solusinya buat waduk atau sistem cerucuk yang ada di Jakarta itu harus disediakan," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumur Resapan Tidak Efektif

Nurmansjah juga mengkritisi cara penanggulangan banjir dengan mekanisme sumur resapan. Menurutnya cara tersebut tidak cocok diterapkan dengan tanah di Jakarta.

"Tanah di Jakarta sumur resapan tak begitu efektif. Begitu hujan besar sumur sudah keburu penuh. Dia nggak bisa masuk ke dalam sungai abadi di dalam tanah ini," jelasnya.

Terakhir, dia pun berkomitmen akan mengurangi banjir di Jakarta jika terpilih sebagai wakil gubernur mendampingi Anies Baswedan.

"Jakarta tidak akan tereduksi siginfikan kalau Nurmansjah jadi wagub haha," cetusnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.