Sukses

Menkes: 2 Warga Positif Virus Corona Sudah Tidak Demam

2 warga di Indonesia dinyatakan positif virus corona. Keduanya kini dirawat intensif di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Dua warga di Indonesia dinyatakan positif virus corona atau Covid-19. Ibu dan anak yang masing-masing berusia 31 tahun dan 64 tahun itu telah dirawat intensif di Rumah Sakit Penyakit Infeksi atau RSPI Prof Dr Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan, kondisi dua warga positif virus corona itu berangsur membaik. Sesak napas dan demam yang sempat dikeluhkan kini sudah tidak ada.

"(Kondisinya) sehat dua-duanya, enggak ada panas, tinggal batuk aja sedikit-sedikit," ujar Terawan di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020).

Terawan memastikan, penanganan medis terhadap dua pasien positif virus corona itu telah sesuai standar internasional. Dua pasien tersebut dirawat di ruang isolasi secara terpisah.

"Perawatannya sama kayak orang sakit flu, dikasih vitamin, imunitas dinaikkan, nanti sembuh sendiri," tuturnya.

Terawan kembali menegaskan, kedua pasien dalam kondisi baik. Pasien virus corona juga bisa berkomunikasi dengan baik dan mengoperasikan telepon seluler (ponsel) seperti biasa.

"Kalau mau dipulangin, ya pulangin. Biasanya lima hari kalau udah dalam perawatan cepat banget. Kita lihat kondisi badannya, kalau sehat, negatif, dipulangkan. Di seluruh dunia begitu," kata Terawan.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontak dengan WN Jepang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan, virus Corona atau Covid-19 telah masuk Indonesia. Terdapat dua warga di Indonesia masing-masing berusia 64 tahun dan 31 tahun yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

"Tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona," ujar Jokowi di Istana, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Jokowi menuturkan, kasus masuknya virus Corona ke Tanah Air itu terungkap setelah ada laporan warga negara Jepang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona usai berkunjung ke Indonesia. Pemerintah kemudian menelusuri siapa saja yang kontak dengan WN Jepang tersebut.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif Corona, tim dari Indonesia langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu.  Ternyata orang yang terkena virus Corona berhubungan dengan dua orang: ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," tutur Jokowi.

Jokowi memastikan, kedua orang tersebut telah dirawat intensif di rumah sakit. Hanya saja, dia tidak menjelaskan di mana rumah sakit tempat dua orang positif virus Corona itu dirawat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.