Sukses

Bareskrim Polri Sita Impor Ilegal 15 Ton Kuning Telur Beku Asal India

Polri memberikan sanksi administrasi kepada PT ABN dengan menghanguskan 15 ton kuning telur beku tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Tindak Pidana Khusus (Tipiddeksus) Bareksrim Polri menyita impor ilegal kuning telur beku asal India. Diketahui tindakan melawan hukum ini dilakukan oleh importir nakal PT ABN.

"Dugaan pelanggaran importasi kuning telur beku dengan jumlah 15 ton senilai Rp 1 miliar diimpor PT ABN," kata Direktur Tipideksus Bareskrim Brigjen (Pol) Daniel Tahi Monang di Kantor Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Dia melanjukan, selain melawan hukum, tindakan PT ABN juga mengganggu perekonomian masyarakat, khususnya peternak di mana serapan atau penjualan telur produksi dalam negeri berkurang akibat impor ilegal ini.

"Impor ini tidak sesuai perundangan berlaku, penjualan telur di tingkat peternak terus mengalami penurunan, karenanya mengganggu perekonomian," jelas Daniel.

Karena tindakan melawan hukum tersebut, Polri memberikan sanksi administrasi kepada PT ABN dengan menghanguskan 15 ton kuning telur beku tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melanggar Permendag 2019

"PT ABN telah melanggar Pemendag No 29 Tahun 2019 tentang ketentuan ekspor dan impor hewan dan produk hewan. Kami kenakan sanksi administrasi dan 15 ton kuning telur beku dimusnahkan," Daniel menandasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.