Sukses

Bisa Usung Calon Sendiri di Pilkada Solo, PDIP Tetap Terima Dukungan Partai Lain

Bambang mengklaim sudah cukup kuat dan mumpuni mengusung pasangan sendiri di Pilkada Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto mengatakan kendati partainya mampu mengusung pasangan calon sendiri di Pilkada Solo 2020, Namun pihaknya tetap membuka peluan partai lain bila ingin berkoalisi.

Bambang juga mengatakan, bila ada partai yang ingin berkoalisi, maka partai tersebut harus mendukung sepenuhnya kebijkan apapun, termasuk siapa pasangan calon yang akan diusung.

"Kebijakan penentuan calon wali kota dan calon wakil wali kota Solo PDIP punya strategi sendiri. Bahwa kemudian strategi Kota Solo ini diterima oleh partai lain dan ikut mendukung, ya monggo," ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Kendati tidak ada partai yang ingin berkoalisi, Bambang pun menegaskan partainya tidak akan memasalahkan. Dia mengklaim partainya sudah cukup kuat mengusung pasangan sendiri di Pilkada Solo.

"Artinya sudah sangat kuat kita untuk mencalonkan sendiri. Sudah lebih dari separuh (kekuatan di DPRD Solo),” ujar Bambang. 

PDIP kini tengah melakukan fit and proper test  calon wali kota Solo. Ada tiga bakal calon yang ikut, pertama Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan  dua bakal calon usulan DPC PDIP Solo, Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa.

Fit and proper test digelar di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.