Sukses

Patung Sukarno Diresmikan, Puan Maharani Ingatkan soal Pepatah Jas Merah

Patung Presiden Pertama RI Sukarno resmi berdiri di Akademi Militer Magelang. Patung tersebut langsung diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Magelang - Patung Presiden Pertama RI Sukarno resmi berdiri di Akademi Militer Magelang. Patung tersebut langsung diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri.

Ketua DPR Puan Maharani, juga turut hadir dalam peresmian tersebut. Menurut dia, ini momen luar biasa, karena baru pertama kali menginjakan kaki ke Akademi Militer, tetapi sudah ada patung sang kakek.

"Sebagai Ketua DPR dan keluarga Bung Karno, saya menginjakan kaki di Magelang ini dan menyaksikan ada patung kakek saya," kata Puan di Kompleks Akmil, Mertoyudan, Magelang, Jumat (7/2/2020).

Puan yang turut serta menyaksikan sosiodrama tentang bagaimana sejarah Bung Karno ikut mendirikan Akademi Militer tersebut, mengingatkan akan pentingnya pesan kakeknya soal Jas Merah.

"Kita sudah lihat sejarahnya di atraksi tadi. Bahwa Akademi Militer Magelang enggak bisa lepas dari beliau. Artinya Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Saya tentu berharap ini bukan sekedar patung. Tapi selama Akademi Militer Magelang ada, jadi tonggak sejarah, bahwa kita enggak boleh lupa siapa yang mendirikan Akademi Militer Magelang," ungkap Puan Maharani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Pada Taruna

Dia pun menitipkan pesan ke taruna-taruni Akademi Militer Magelang, bahwa menjaga NKRI adalah tujuan utama.

"Jangan lupa sama sejarah. Kita ini generasi muda yang sekarang jadi taruna-taruni datang ke situ (Akademi Militer) niatnya maunya apa? Niatnya tentu menjaga NKRI," tegas Ketua DPP PDIP itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.