Sukses

Malam Tahun Baru 2020, Jalur Puncak Bogor Ditutup

Penutupan jalur Puncak, Bogor akan diberlakukan pada Selasa (31/12/2019) pukul 18.00 WIB hingga Rabu (1/1/2020) pukul 06.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Bogor, Jawa Barat berencana menutup jalur Puncak saat malam tahun baru 2020. Penutupan ini dilakukan karena ruas jalan tersebut akan diberlakukan Car Free Night (CFN).

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Fadli Amri mengatakan bahwa CFN akan diberlakukan Selasa (31/12/2019) pukul 18.00 WIB hingga Rabu (1/1/2020) pukul 06.00 WIB.

"Jadi untuk car free night kita melakukan pembatasan. Pembatasannya sendiri betul kepada (kendaraan) roda empat dan roda dua, namun kita lebih fokuskan kepada roda empat," kata Fadli seperti dilansir dari Antara, Minggu (29/12/2019).

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono menegaskan bahwa Jalur Puncak, Bogor harus steril dari kendaraan pada perayaan malam tahun baru. Sehingga, yang diperkenankan untuk melintas di jalur dengan panjang sekitar 22 kilometer itu hanya pejalan kaki.

"Steril dari kendaraan, motor juga enggak boleh, semua jalan kaki. Ini steril semua karena kantong-kantong parkir disiapkan," ujarnya.

Jika ada masyarakat yang ingin bermalam tahun baru di Puncak, diimbau untuk lebih dulu tiba sebelum diberlakukannya CFN. Begitu pula sebaliknya, karena kendaraan yang sudah ada di jalur Puncak tidak diperkenankan keluar pada saat pemberlakuan CFN.

"Yang di atas tidak bisa turun, pukul 18.00 WIB ditutup baik ke atas atau ke bawah. Saya harapkan masyarakat yang akan berlibur ke Puncak mengikuti terus (informasinya)," ucap Istiono.

Istiono berharap, jajaran Polda Jawa Barat terus konsisten memberikan informasi ke masyarakat mengenai situasi arus lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, seperti halnya melalui media sosial Instagram yang kini perlahan diterapkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.