Sukses

BPIP Minta Jokowi Cari Pengganti Ma'ruf Amin dan Mahfud Md

Jokowi akan segera menunjuk tokoh yang bakal mengisi anggota Dewan Pengarah BPIP

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menerima kedatangan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri di Istana Kepresidenan pada Kamis (26/12/2019).

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengungkapkan, dalam pertemuan itu Megawati meminta Jokowi untuk mencari pengganti Ma'ruf Amin dan Mahfud Md di BPIP. Sebab, keduanya sudah tidak lagi mengisi anggota Dewan Pengarah BPIP karena sudah resmi dilantik menjadi Wakil Presiden dan Menko Polhukam.

"Pihak BPIP meminta pengganti Ma'ruf dan Mahfud," kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (26/12/2019).

Fadjroel menambahkan, Jokowi juga meminta kepada Megawati untuk menyetorkan nama-nama tokoh yang bakal menggantikan Ma'ruf dan Mahfud. Nantinya, mereka akan dipertimbangkan.

"Tapi Pak Presiden juga meminta BPIP mengusulkan nama pengganti. Nantinya akan segera diputuskan," ucap Fadjroel.

Menurut Fadjroel, Jokowi akan segera menunjuk tokoh yang bakal mengisi anggota Dewan Pengarah BPIP. Sebab, kata Fadjroel, Jokowi menganggap BPIP merupakan ujung tombak pembinaan dan implementasi Pancasila di Indonesia.

"Ini hak prerogatif presiden. Memang kemarin setelah Bu Mega minta, langsung dipertimbangkan oleh presiden," terang Fadjroel.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.