Sukses

Polri Prediksi 12 Potensi Rawan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020

Untuk mengantisipasi kerawanan saat Natal dan Tahun Baru, Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Kodam Jayakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono menyebut, ada 12 potensi kerawanan saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020. Gatot mengatakan, hal tersebut saat memimpin apel operasi lilin jaya 2019 di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

"Berdasarkan prediksi intelijen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus kita antisipasi," ujar Gatot, Kamis (19/12/2019).

12 potensi kerawanan tersebut yakni aksi terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalin, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial, dan tawuran. Selanjutnya bencana alam, konvoi dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba ataupun minuman keras.

"Potensi kerawanan yang disampaikan tadi itu tentunya berdasarkan analisis intelijen, analisa-analisa tahun lalu, kemudian analisa perkembangan situasi terakhir," kata Gatot.

Gatot mengatakan, untuk mengantisipasi kerawanan-kerawanan tersebut pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pangdam Jaya, Mayjen Eko Margiono.

"Nanti saya bersama-sama dengan Pangdam, akan melakukan kegiatan koordinasi dengan pasukan pengamanan-pengamanan internal khususnya di tempat ibadah yakni gereja-gereja, bersama-sama kita melakukan sterilisasi baik di seputarannya atau di dalamnya," kata Gatot.

Pandam Jaya Mayjen Eko Margiono menyatakan, siap membantu pihak Kepolisian untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat Natal dan Tahun Baru.

"Intinya kami semua dari TNI akan membantu sepenuhnya untuk mewujudkan Jakarta aman. Jakarta ini akan tetap stabil, dan masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru dapat berlangsung aman dan damai," kata Eko.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.