Sukses

Idham Aziz Jadi Kapolri, Politikus Berkarya: Dia Orang Lapangan Kaya Pengalaman

Idham Azis dilantik dengan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Kapolri Nomor 97 Tahun 2019 tentang pengangkatan Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Berkarya Rahmat menilai, figur Kapolri baru Komjen Idham Azis merupakan sosok yang pas untuk berbagai persoalan yang dihadapi polisi dewasa ini.

"Komjen Pol Idham Azis merupakan orang lapangan yang kaya pengalaman," ujar Rahmat melalui keterangan tertulis, Jumat (1/11/2019).

Ketua Umum Pengurus Besar Pengusaha Berkarya itu berharap, di bawah kepemimpinannya, Polri semakin profesional dan mengayomi semua lapisan masyarakat. Ketua DPP KNPI Bidang Sumber Daya Mineral berharap, agar intelijen Polri lebih ditingkatkan fungsi dan perannya.

"Agar meminimalisir tindak kejahatan dan teroris di masyarakat," jelasnya.

Presiden Jokowi melantik Komjen Idham Azis menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian di Istana Negara, Jumat (1/11/2019).

Idham Azis dilantik dengan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Kapolri Nomor 97 Tahun 2019 tentang pengangkatan Kapolri.

Idham Azis pun bersumpah akan setia pada RI berdasar Pancasila dan UUD 1945. Idham juga berjanji akan melaksanakan aturan perundang-undangan yang ada. 

"Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab. Saya akan menjunjung tinggi Tribrata," kata Idham Azis menirukan Jokowi. 

Idham pun menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan Mendagri Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disahkan DPR

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan Komjen Idham Aziz menjadi Kapolri dalam rapat paripurna ke-5 Masa Sidang I Tahun 2019-2020, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 31 Oktober 2019.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani. Dia didampingi oleh Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin, Wakil Ketua Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Rachmat Gobel dan Wakil Ketua Muhaimin Iskandar.

. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.