Hujan Buatan Hasil Modifikasi Cuaca Terjadi di Bandung

Hujan Buatan Hasil Modifikasi Cuaca Terjadi di Bandung

Hujan yang mengguyur kawasan Bandung dalam beberapa hari terakir merupakan hasil Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan. TMC dilakukan BPPT lantaran tiga waduk ketinggian airnya berada di bawah batas normal.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (30/10/2019), setiap hari tim BPPT mencari kumpulan awan matang yang diperkirakan akan menghasilkan hujan di sekitar hulu dan tengah Sungai Citarum.

Hujan buatan sangat penting untuk atasi krisis air di tiga waduk yang menjadi pasokan utama listrik Jawa-Bali yakni Waduk Saguling, Cirata dan Jatiluhur. Hasilnya dari dua hari hujan, pasokan air ke waduk terus bertambah.

"Selain air hujan itu meresap ke dalam tanah, juga air itu sudah mengisi waduk, ada peningkatan sekitar 6 juta meter kubik di tiga waduk. Di tiga waduk itu ada pengisian air sekitar 6 juta meter kubik, itu luar biasa 2 hari, padahal di tempat lain tidak terjadi hujan," ujar Kepala Tim Koordinasi Kaskade Citarum M Dian Al Ma'ruf.

Hujan buatan akan terus dilakukan tim BPPT selama 20 hari atau 35 jam terbang. Setiap terbang, 1 ton garam disebar untuk penyemaian dengan pesawat Cassa 212-200.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 30 October 2019, 14:00 WIB

Video Terkait

Spotlights