Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini 3 Kali Bergetar di Indonesia

Gempa pertama pada hari ini terjadi di Ondong, Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali menggetarkan wilayah Indonesia hari ini, Selasa (29/10/2019). Hingga pukul 19.00 WIB, tercatat lindu di Indonesia telah terjadi tiga kali.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id.

Gempa pertama pada hari ini terjadi di Ondong, Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara. Lindu ini bergetar dengan kekuatan magnitudo 4,7.

Setelah itu, gempa juga terjadi di Gorontalo. Lindu ini terjadi pada pukul 13:45:32 WIB.

Berikut tiga gempa yang menggetarkan Indonesia dihimpun dari laman resmi BMKG:

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ondong

Lindu pertama pada hari ini terjadi di Ondong, Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara. Gempa ini terjadi pada pukul 10:36:26 WIB.

Pusat gempa berada di laut 100 kilometer tenggara Ondong, Kepulauan Sitaro. Lindu ini berkekuatan magnitudo 4,7 dengan kedalaman 21 kilometer.

Lokasi gempa berada pada garis 2.41 Lintang Utara-126.2 Bujur Timur.

 

3 dari 4 halaman

Gorontalo

Gempa kedua terjadi di Gorontalo pada pukul 13:45:32 WIB. Lokasi gempa berada pada garis 0.1 Lintang Selatan-123.03 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut 71 kilometer selatan Gorontalo. Gempa yang terjadi ini bermagnitudo 4,9 dengan kedalaman 144 kilometer.

 

4 dari 4 halaman

Bolmut

Gempa ketiga pada hari ini menggetarkan wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara atau Bolmut, Sulawesi Utara.

Lindu yang terjadi pada pukul 14:29:05 WIB ini berkekuatan magnitudo 4,5 dengan kedalaman 419 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 111 kilometer barat laut Boroko, Bolmut. Lokasi gempa berada pada garis 1.84 Lintang Utara-122.89 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG