Sukses

Beda Gaya Kaesang Pangarep dan Pangeran Brunei Abdul Mateen

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Putra Mahkota Brunei Darussalam, Abdul Mateen menjadi perhatian tersendiri saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat.

Meskipun sama-sama mengenakan setelan jas dan gaya rambut tatanan belah samping, keduanya memiliki sejumlah perbedaan.

Misalnya saja, Kaesang dan Abdul Mateen nampaknya memiliki hobi yang berbeda. Meski keduanya sama-sama menyukai olahraga.

Tak hanya itu, gelar pendidikan keduanya juga berbeda. Kaesang lulus dari Singapore University of Social Science (SUSS), sedangkan Abdul Mateen mendapatkan gelar master seni di Studi Internasional dan Diplomasi dari Sekolah Oriental dan Studi Afrika, Universitas London.

Berikut perbedaan kedua pimpinan kedua negara yang telah dirangkum oleh Liputan6.com:

  

2 dari 5 halaman

Hobi

Adik dari Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep memiliki hobi main gim. Hal tersebut tampak dari salah satu tim esports asal Indonesia yakni Genflix Aerowolf, resmi meminang Kaesang sebagai pemain kesepuluh.

"Genflix Aerowolf yang meminang saya. Dari dulu, saya main gim walaupun gak jago. Jadi, sangat bangga ketika ada tim pro yang mau mengajak saya gabung," tutur Kaesang dalam keterangan resmi yang dikutip dari Liputan6.com.

Menurut Head of Esports Development Genflix, Hutama Prastika, keputusan merekrut Kaesang ini tidak sekadar karena sosoknya sebagai putra bungsu Presiden Joko Widodo. Namun, Kaesang memang dikenal sebagai seorang gamer sekaligus kreator konten gim.

Sedangkan sang putra mahkota dari Brunei Darussalam, Pangeran Abdul Mateen memilki hobi seperti terjun payung dan berkuda. Sejumlah hobi tersebut terlihat dari unggahan di media sosialnya.

Dalam salah satu unggahan juga menunjukkan sang pangeran sedang berkuda di pantai.

3 dari 5 halaman

Pendidikan

Untuk pendidikan, Kaesang baru saja lulus dandiwisuda dari kampusnya di Singapore University of Social Science (SUSS).

Dari kampusnya tersebut, Kaesang mendapat gelar Bachelor of Science dalam bidang Pemasaran. 

Cowok 24 tahun ini juga salah satu penerima Executive Management Programme Alumni Entrepreneurship Award yang diberikan kepada siswa dengan 'Semangat wirausaha yang kuat'.

Tentu prestasi seperti ini sangat membanggakan di mana Kaesang memang memiliki banyak bisnis.

Sedangkan, Abdul Mateen yang lahir di Bandar Seri Begawan, 10 Agustus 1991 itu sempat mendapatkan gelar master seni di Studi Internasional dan Diplomasi dari Sekolah Oriental dan Studi Afrika, Universitas London.

Selain itu, Abdul Mateen menerima pangkat militer pertama sebagai Letnan Dua pada tahun 2011, setelah lulus dari Royal Military Academy Sandhurst.

4 dari 5 halaman

Beda Dukungan Klub Bola

Sama seperti anak laki-laki pada umumnya, Kaesang juga seorang pecinta olahraga sepak bola. Pada Maret 2019, potret Kaesang dalam balutan jersey klub sepak bola Manchester City diunggah ulang oleh akun Tangerang Citizens. 

Dalam unggahan tertulis bahwa anak bontot Presiden Jokowi merupakan penggemar setia klub yang ditukangi Pep Guardiola tersebut.

Sedangkan, Abdul Mateen memiliki klub favorit yakni Manchester United. Pada unggahan foto Mei 2016, ia berkesempatan menonton pertandingan.

Dengan tagar "GGMU" menunjukkan bahwa dia adalah fans loyal dari klub sepak bola asal Inggris tersebut.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pengamat Nilai Isyarat Jokowi soal Pilpres 2024 untuk Senangkan Sandiaga
Artikel Selanjutnya
Dua Hari Kunjungan Kerja ke Labuan Bajo, Ini Agenda Jokowi