Sukses

Jokowi ke Jusuf Kalla: Terima Kasih Telah Bahu-membahu Jalankan Pemerintahan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. JK mendampingi Jokowi sebagai wapres Jokowi dalam periode 2014-2019 kemarin.

"Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Muhammad Jusuf Kalla yang telah bahu-membahu menjalankan pemerintahan selama lima tahun terakhir," kata Jokowi, Minggu (20/10/2019).

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh lembaga negara hingga jajaran aparat pemerintah yang telah mengawal pemerintahan.

"TNI dan Polri, serta seluruh komponen bangsa yang turut mengawal pemerintahan selama 5 tahun ini sehingga dapat berjalan dengan baik," jelasnya.

Sebelumnya, melalui serangkaian acara pelantikan, Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Keduanya dilantik oleh MPR yang disusul dengan pengambilan sumpah.

Pengucapan sumpah dilakukan pada pukul 16.04 WIB.

"Bismillahirrahmannirrahim, demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

 

2 dari 3 halaman

Ma'ruf Amin Ucap Sumpah

Setelah itu, Ma'ruf Amin yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Ma'ruf Amin.

Seusai pengambilan sumpah, Jokowi dan Ma'ruf Amin menandatangani berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin menjadi pemenang Pilpres 2019 dengan mengantongi suara 55, 50 persen dari suara nasional sebanyak 154.257.601.

"Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Pasangan nomor urut dua, 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional," ujar Komisioner KPU, Evi Novita Ginting, Jakarta, Selasa 21 Mei 2019 dini hari.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Akhir Profesor Abal-Abal yang Ingin Gagah-gagahan Foto di DPR
Artikel Selanjutnya
Polisi Tangkap 2 Orang Penyandang Dana Rencana Gagalkan Pelantikan Presiden