Sukses

Mengenal Kunai, Senjata yang Digunakan Pelaku Penyerangan Wiranto

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto diserang saat tengah berada di wilayah Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten pada Kamis, 10 Oktober 2019.

Belakangan diketahui pelaku penyerangan Wiranto ada dua orang, yaitu SA dan FD. Pelaku berinisial SA alias Abu Rara (31) diketahui masuk dalam kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi.

Keduanya sudah diamankan aparat kepolisian. Polisi juga sudah mengamankan dua senjata tajam yang digunakan untuk menyerang Wiranto.

Dari foto yang beredar, senjata yang diamankan berupa pisau berwarna hitam dengan gagang terlilit tali merah. Senjata ala ninja itu biasa disebut kunai.

Lantas, seperti apakah dan bagaimana sebenarnya senjata kunai yang digunakan penyerang Wiranto? Berikut ulasannya dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 5 halaman

Ala Ninja

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi membenarkan bahwa pisau belati yang digunakan untuk menusuk Wiranto dan mengakibatkan tiga orang lainnya terluka bentuknya mirip kunai, pisau lempar yang biasa digunakan oleh Ninja.

"Bentuknya seperti pisau, ada bulatan di ujungnya. Kunai," ujar Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi ditemui di Mapolsek Menes.

 

3 dari 5 halaman

Senjata Lempar

Dilansir dari buku 'Classical Weaponry of Japan: Special Weapons and Tactics of the Martial Arts' oleh Sergei Moi, kunai sebenarnya perkakas sehari-hari untuk menggali, mirip cetok atau sekop, tapi berbentuk datar. Kunai juga bisa bisa ditancapkan di dinding supaya bisa dipanjat.

Kunai besar berukuran 35 hingga 48 cm disebut sebagai 'daikunai'. Sedangkan kunai kecil berukuran 18 cm disebut sebagai 'shokunai'. Namun pada perkembangan selanjutnya, kunai menjadi senjata tajam mirip pisau, meski tidak setajam pisau.

Kunai ini bisa digunakan sebagai senjata lempar. Bila digunakan sebagai senjata lempar, maka lubang gagang kunai akan diberi kuncir supaya lemparan lebih stabil.

Buku 'Battle for Power' karya Kazuo Koike menjelaskan kunai sudah digunakan sejak era Tensho abad ke-11 Masehi. Kunai bisa digunakan ninja yang sehari-hari bekerja sebagai tukang kebun tanpa dicurigai siapa pun, karena kunai pada awalnya memang perkakas berkebun.

Kunai yang dipakai untuk menusuk Wiranto berbentuk lancip di ujungnya. Gagangnya dililit tali merah dengan ujung bundar berlubang.

 

4 dari 5 halaman

Harga Terjangkau

Pria penyerang Wiranto menggunakan senjata tajam berupa pisau mirip Kunai ninja yang sering nongol di serial Naruto.

Setelah ditelusuri, ternyata jenis senjata tersebut banyak dijumpai di jaringan toko online alias e-commerce. Bahkan, dijual dengan harga terbilang murah.

Misalnya di Shopee, kunai ditemukan dijual dengan harga mulai dari Rp 60 ribu dan paling mahal Rp 160 ribu.

"Pisau digunakan dalam berburu, memancing, berkemah, petualangan di hutan, olahraga, outdoor, dan lain-lain," tulis deskripsi di salah satu toko online.

Disebutkan juga, kunai tersebut terbuat dari bahan stainless steel. "Untuk daya tahan yang lebih besar di pisau," lanjut deskripsi tersebut.

Sementara itu, di Bukalapak kunai dijual dengan harga Rp 20 ribu dengan bahan plastik dan paling mahal Rp 200 ribu.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kivlan Zen Sebut Nama Wiranto dan Tito Karnavian Saat Eksepsi, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Kaleidoskop 2019: Wanita di Balik Bom Bunuh Diri Sibolga hingga Penusukan Wiranto