Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Sepak Terjang Abu Rara, Pelaku Penyerangan Wiranto

Fokus, Jakarta - Aparat kepolsian berhasil mengidentifikasi pelaku penyerangan terhadap Menkopolhukam Wiranto. Mereka adalah SA alias Abu Rara dan FA. SA berasal dari Medan, Sumatra Utara, sementara FA merupakan wanita asal Brebes, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (11/10/2019), Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan, kedua pelaku diduga kuat terpapar paham radikal yang berafiliasi dengan ISIS.

Mabes polri juga melibatkan Tim Densus 88 Anti Teror untuk ikut menangani kasus ini.

Sementara Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan, Abu Rara merupakan anggota JAD Bekasi. Abu Rara pernah bergabung dengan JAD Kediri, kemudian pindah ke Bogor.

Setelah bercerai, Abu Rara kemudian tinggal di Pandeglang setelah difasilitasi oleh seorang koleganya. 

"Diduga pelaku atas nama SA tersebut terpapar oleh paham radikal ISIS. Nanti akan kita coba dalami, apakah SA ini juga masih memiliki jaringan dengan JAD yang ada di Cirebon atau JAD lain yang ada di Sumatera," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Brigjen Dedi Prasetyo.

"Sudah bisa mengidentifikasi bahwa pelaku adalah kelompok JAD Bekasi. Kita tahu bahwa saudara Abu Rara ini adalah dari sel Kediri kemudian sudah kita deteksi pindah ke Bogor, kemudian karena cerai dengan istri pertama pindah ke Menes difasilitasi oleh salah satu Abu, Abu Syamsuddin, JAD dari Menes untuk pindah di sana," ujar Kepala BIN Budi Gunawan.