Sukses

Kapolda Papua Sebut Tersangka Pelaku Kerusuhan Wamena Anggota KNPB

Fokus, Papua - Kapolda Papua beserta istri meninjau para pengungsi Wamena di Posko Rindam Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu pagi, 6 Oktober kemarin. Mereka memberi bantuan dan berbincang langsung dengan sejumlah pengungsi.

Terkait kerusuhan di Papua, Kapolda mengatakan sebanyak 81 orang telah diamankan dan ditetapkan sebagai tersangka. Mereka merupakan kelompok terorganisir yang sebagian besar merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

"Ini kelompok yang sudah terorganisir, mereka sudah lama ingin menyatakan ketidakpuasannya dengan bangsa ini," ujar Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (7/10/2019). 

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) wilayah Papua Ustaz Al Payage yang merupakan warga asli Wamena, Kabupaten Jayawijaya, menegaskan, kerusuhan di Wamena bukanlah konflik sara.

Kerusuhan di Wamena merupakan aksi kriminal sehingga aparat keamanan harus menangkap para pelakunya.

"Yang terjadi di Wamena itu bukan berkaitan dengan antar-agama, itu murni kerusuhan," kata Ustaz Al Payage.

Kerusuhan di Wamena 23 September lalu mengakibatkan 33 orang tewas. Sementara, ribuan rumah, kantor serta kendaraan dibakar. Peristiwa tersebut kini membuat ribuan warga Wamena mengungsi.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.