Sukses

Jokowi Akan Kunjungi Cagar Budaya Desa Bawamataluo di Nias Selatan

Kedatangan Presiden Jokowi ke Nias Selatan dalam rangkaian kunjungan selama dua hari untuk menghadiri puncak Sail Nias 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Cagar Budaya Nasional Desa Bawamataluo di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, pada Jumat, 13 September 2019.

"Itu salah satu rencana agenda presiden selama di Nias Utara dalam rangkaian menghadiri puncak Sail Nias 2019," kata Bupati Nias Selatan Hilarius Duha di Teluk Dalam, Nias Selatan, seperti dikutip dari Antara, Kamis (12/9/2019).

Kedatangan Presiden Jokowi ke Nias Selatan dalam rangkaian kunjungan selama dua hari untuk menghadiri puncak Sail Nias 2019 yang dipusatkan di Dermaga Pelabuhan Baru, Teluk Dalam.

Presiden dan rombongan tiba di Nias Selatan melalui Bandara Binaka Gunungsitoli Jumat (13/9/2019) siang dan akan melanjutkan perjalanan menuju Cagar Budaya Nasional Desa Bawamataluo.

Di desa tersebut Jokowi akan disambut oleh penetua adat dan selanjutnya mengikuti serangkaian kegiatan adat seperti penghormatan adat dan pagelaran seni budaya seperti tari perang, faluaya si'oligo serta fahombo batu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Acara Sail Nias

Presiden dan rombongan juga selanjutnya meninjau Omo Sebua/Omo Nifolasara dan mendengarkan penjelasan singkat mengenai sejarah dan kondisi Omo Nifolasara serta penyampaian aksi konservasi Omo Nifolasara dan Desa Bawomataluo menuju warisan dunia.

Dalam kesempatan itu presiden dan rombongan juga melakukan peninjauan terhadap perkampungan Bawamataluo dan pameran souvenir.

Usai mengikuti sejumlah rangkaian acara di desa cagar budaya Desa Bawamataluo, Presiden dan rombongan selanjutnya kembali ke Teluk Dalam menuju rumah dinas Bupati Nias Selatan untuk istirahat dan selanjunya keesokan harinya Sabtu 14 September 2019 menghadiri acara puncak Sail Nias 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.