Sukses

Eks Ajudan: Saya Malu Melihat Habibie-Ainun Seperti Pengantin Baru

Liputan6.com, Jakarta - Mayor Jenderal TNI (Purn) Tubagus Hasanuddin mengenang kemesraan Bacharuddin Jusuf Habibie dengan sang istri Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie. TB Hasanuddin merupakan mantan ajudan dari Presiden ke-3 RI itu.

Menurut Tubagus, almarhum BJ Habibie dengan almarhumah Ainun Habibie semasa hidupnya kerap memperlihatkan keromantisan. Tubagus sendiri sampai malu melihat besarnya rasa cinta Habibie kepada Ainun.

"Saya kadang-kadang malu sebagai anak yang lebih muda saat itu, beliau (Habibie) itu seperti pengantin baru setiap hari dengan ibu Ainun," ujar Tubagus di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Menurut dia, setiap Habibie akan bekerja, Ainun kerap berdiri di halaman depan rumah sekadar untuk melihat kepergian sang suami. Ainun juga pasti melambaikan tangan seiring berlalunya Habibie dari rumahnya.

"Ketika Pak Habibie pulang, Ibu Ainun sudah menunggu di depan, dan kemudian saat turun mobil Pak Habibie dan Ibu Ainun gandengan tangan ke dalam, seperti penganti baru selamanya," kata Tubagus.

Wakil Ketua Komisi I DPR itu juga menyebut Habibie selalu memakan makanan hasil masakan Ainun, walau tengah bekerja di Istana Kepresidenan.

"Jadi kalau makan siang, kami ambil dalam rantang yang dimasak oleh ibu, kemudian dari situ beliau menyantapnya," ucap Tubagus Hasanuddin mengenang.

2 dari 3 halaman

Dimakamkan di Samping Pusara Ainun

BJ Habibie mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu 11 September 2019 sekitar pukul 18.05 WIB. Bapak demokrasi itu meninggal dunia setelah dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

BJ Habibie kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019) siang. Sesuai wasiatnya, BJ Habibie dimakamkan di samping pusara istri tercinta, Ainun Habibie yang telah mendahuluinya pada 2010 lalu.

Makam BJ Habibie sendiri menempati kavling 120 berada di samping pusara sang istri Ainun Habibie yang berada di kavling 121. Sementara pusara mantan ibu negara Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Di sebelah kanannya, terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro.

Kemudian di belakang makam BJ Habibie terdapat tempat peristirahatan terakhir Wakil Presiden ke-4 RI H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution atau Jenderal AH Nasution.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Anak Muda Timor Leste Mengenal BJ Habibie Lewat Buku Sejarah
Artikel Selanjutnya
Makam BJ Habibie Jadi Ajang Selfie, Ilham: Masih Sesuai Norma