Sukses

JK Dorong Peneliti Tiru Jepang dan China dalam Pengembangan Teknologi

JK mengatakan, tidak ada negara yang bisa langsung maju. Karena itu inovasi tidak bisa dimulai dari nol

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla atau JK mendorong peneliti dan perekayasa untuk terus mempelajari teknologi mutakhir dari negara lain untuk dikembangkan di Indonesia. Hal ini disampaikannya saat Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tahun 2019.

"Apa yang baik dibanding tahun lalu, apa yang bersaing dengan negara-negara lain, itu salah satu cara kita memperingati (Kebangkitan Teknologi Nasional). Sama dengan memperingati hari ulang tahun kita. Apa yang sudah saya buat? Apa lagi yang perlu saya buat?" ungkap JK di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali, Rabu (28/8/2019).

JK menekankan, peneliti dan perekayasa di Indonesia tidak perlu malu untuk mempelajari teknologi dari negara lain selama dalam proses pengembangan teknologi. Dia pun mencontohkan negara China yang teknologinya dinilai cepat dalam berkembang.

“Pertama meniru, kedua memperbaiki, ketiga inovasi. Itu langkah-langkah yang dibuat oleh China dan juga Jepang pada waktu itu,” tutur dia.

“Meniru, (kemudian) meningkatkan inovasi. Tidak ada negara yang bisa langsung maju. Karena itu (inovasi) tidak bisa dimulai dari nol," imbuh JK.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembangkan Techno Park

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mendorong perguruan tinggi mengembangkan Kawasan Sains dan Teknologi (KST) atau Science and Techno Park (STP) untuk meneliti dan mempelajari inovasi.

Hal ini sekaligus dalam rangka menjadikan hasil inovasi bernilai komersial bagi masyarakat.

"Tujuannya adalah para peneliti, inventor, dan inovator nanti menginkubasi (mengembangkan) hasil penelitiannya dengan industri melalui Techno Park tersebut. Kalau sudah mature, dia (hasil penelitian tersebut) dikeluarkan dari situ supaya melakukan bisnis di luar," kata Nasir.

Nasir menjelaskan, salah satu hasil penelitian dari STP yang sudah masuk ke industri adalah penelitian tentang stem cell dari Universitas Airlangga yang diproduksi massal oleh PT Phapros, anak perusahaan salah satu BUMN, PT Kimia Farma.

"Stem cell untuk facial, untuk muka sekarang sudah diproduksi oleh Perusahaan Phapros, yang hasil penelitian dari Universitas Airlangga di Surabaya. Berapa total omzetnya sekarang? Sudah ratusan miliar,” jelasnya.

“Ini yang kita dorong terus, hasil inovasi perguruan tinggi," dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • JK