Penampakan Eks Permukiman Warga Saat Waduk Jatigede Surut

Penampakan Eks Permukiman Warga Saat Waduk Jatigede Surut

Sisa-sisa bangunan rumah muncul di Bendungan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, seiring menyusutnya air waduk akibat musim kemarau.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (26/8/2019), kondisi di wilayah Jatigede kini tampak seperti kota mati yang telah lama ditinggalkan penduduknya.

Bekas bangunan terdampak Bendungan Jatigede ini menarik wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung. Ada yang datang untuk memancing di kolam-kolam yang masih terisi air, atau sebagian lainnya hanya sekedar berjalan-jalan dan berswafoto.

Fitria misalnya, warga asal Bandung ini mengaku penasaran ingin melihat reruntuhan bangunan yang kembali bermunculan seperti yang banyak dia lihat di media sosial.

"Yang bikin penasaran itu, banyak yang bilang Jatigede itu indah. Dari situ, niat kami berangkat dari Lembang menuju Sumedang ini," kata pengunjung Fitria.

Proyek Bendungan Jatigede mulai digenangi tahun 2015 silam. Ada 28 desa yang terdampak proyek pembangunan waduk terbesar kedua di Asia Tenggara itu yang terpaksa ditenggelamkan. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 26 August 2019, 08:57 WIB

Video Terkait

Spotlights