Sukses

Diklaim Dapat Obati Kanker, Tumbuhan Bajakah di Palangkaraya Diburu Pembeli

Fokus, Jakarta Usai kemenangan tiga siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya dalam lomba karya ilmiah di Korea Selatan yang berhasil menemukan obat kanker payudara, penjualan akar dan kayu tanaman bajakah di Palangkaraya Kalimantan Tengah, diburu pembeli.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (16/8/2019), kayu atau akar tanaman bajakah kini banyak dicari orang seperti di Pasar Kahayan. Harga akar atau serpihan kayu bajakah di pasar ini berkisar Rp 300 ribu per kilogram.

Sementara itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes Kemenkes) akan meneliti tanaman bajakah untuk memastikan bisa tidaknya tanaman tersebut dinyatakan sebagai obat.

Rencananya pihak Kemenkes juga akan menerjunkan tim khusus ke Palangkaraya untuk menindaklanjuti temuan ketiga siswa SMA terkait kandungan dan khasiat tanaman bajakah sebagai obat kanker.    

Pihak Dinas Kesehatan Palangkaraya menyatakan akan segera mempatenkan hasil karya ilmiah ketiga siswa. Namun, untuk menyatakan kayu bajakah adalah obat kanker yang dijual bebas,harus melalui sejumlah riset ilmiah yang cukup panjang.