Sukses

PDIP Incar Kursi Kementan, Kemenkumham, dan Kemendes PDTT

Politikus PDIP Masinton menilai wajar jika partainya meminta jatah menteri lebih banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus PDIP Masinton Pasaribu menilai permintaan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri terkait jatah kursi kementerian adalah hal wajar. Menurutnya, sebagai partai pemenang, PDIP berhak meminta jatah lebih banyak dari partai koalisi lain.

"Itu sangat fair yah, walaupun itu tetap ditentukan oleh prerogatif Presiden (Jokowi) itu disampaikan secara terbuka. Partai (PDIP) pemenang iya wajar saja menyampaikan terbuka," kata Masinton di Denpasar, Bali, Jumat (9/8/2019).

"Itu dari keterbukaan Ibu Megawati, kepada Bapak Jokowi di forum kongres langsung disampaikan. Tidak perlu harus bisik-bisik minta ke Bapak Jokowi tapi Ibu Mega di dalam forum kongres terbuka langsung menyampaikan PDIP ingin tetap membangun pemerintahan ini dengan menteri yang banyak," ungkapnya.

Saat ditanya berapa idealnya menteri yang akan berada di dalam Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Masinton hanya mengatakan kalau saat periode pertama PDIP mendapat lima menteri tinggal ditambah saja.

"Kalau sekarang ada lima yah. Kalau nambah, tinggal ditambah saja kan itu tergantung Presiden nambahnya berapa," imbuhnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Pos Menteri

Masinton juga menjelaskan untuk menteri di bidang apa saja yang dinginkan PDIP, dia mengatakan yang terutama Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Pertanian (Kementan).

"Iya hukum, kalau kami berharap portofolio pertanian pedesaan yah PDIP. Karena di sana banyak konstituennya. Itu harap kita, tapi Presiden yang menentukan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.