Sukses

Surya Paloh: Tak Selamanya Lawan Menjadi Lawan

Surya Paloh menuturkan, untuk menyikapi dinamika politik seperti itu, maka dibutuhkan kearifan pada setiap diri.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan, dalam politik itu tak selamanya kawan menjadi kawan. Begitu pula lawan, tak selamanya lawan.

Hal ini disampaikannya saat memberikan pembekalan kepada para calon legislatif Nasdem yang terpilih, di Akademi Bela Negara Nasdem.

Dia awalnya menceritakan, bagaimana saat hendak maju sebagai caleg untuk DPR RI pada tahun 1977. Menpora saat itu Abdul Gafur kemudian memintanya untuk tidak maju menjadi Caleg DPR, tetapi menempatkan dirinya di kursi MPR RI.

Surya Paloh mengaku sempat merasa tidak terima, namun tetap menjalankan permintaan tersebut. Sampai ketika, dia menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Golkar dan Abdul Gafur berniat maju sebagai calon gubernur.

Surya Paloh kemudian memberikan rekomendasi dan menolongnya untuk bisa duduk di kursi tersebut.

"Ini referensi bagi saudara semuanya. Apa pesan moralnya? Tidak selamanya yang kawan tetap menjadi kawan. Dan yang kita anggap menjadi lawan, tetap menjadi lawan," kata Surrya Paloh di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Dia menuturkan, untuk menyikapi dinamika politik seperti itu, maka dibutuhkan kearifan di setiap diri.

"Di sini dibutuhkan kearifan kepada saudara-saudara semuanya," kata Surya Paloh.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kongres Nasdem

Sementara itu, Partai Nasdem juga akan melaksanakan kongres. Sebagai catatan, Nasdem terakhir melaksanakan kongres di tahun 2013. Seharusnya partai pimpinan Surya Paloh itu sudah melaksanakan kongres lagi.

"Betul (akan melaksanakan kongres)," ucap Ketua DPP NasDem Taufik Basari kepada Liputan6.com, Rabu (3/7/2019).

Sementara itu, kader NasDem lainnya, Irma Suryani mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan hajatan besar tersebut.

"Kami sedang persiapan. Rapat awal Senin kemarin, baru bentuk panitia kerja," ungkap Irma.

Meski akan melakukan kongres, dia menuturkan, belum mengetahui kapan waktunya diselenggarakan. "Belum diputuskan. Sedang dicari tanggal dan tempatnya," jelas Irma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.