Sukses

Harga Terus Melonjak, Cabai Kering Asal India Laris Manis di Jombang

Liputan6.com, Jombang - Terus melonjaknya harga cabai dipasaran membuat cabai kering impor dari India laris manis di sejumlah pasar tradisional Jombang. Selain dianggap lebih pedas, harganya justru lebih murah dibanding dengan harga cabai lokal.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (9/7/2019), harga cabai asal India ini dihargai Rp 50 ribu per kilogram. Sementara, cabai lokal mencapai Rp 55-60 ribu per kilogram. 

Sementara itu di Solo, kenaikan harga cabai di pasaran terjadi sejak sepekan terakhir. Di Pasar Gede, rata-rata kenaikan harga mencapai Rp 5 ribu per kilo untuk semua jenis cabai. Kenaikan paling tinggi pada harga cabai jenis tampar yang mencapai RP 55 ribu per kilogram.

Sementara, harga cabai hijau naik menjadi RP 30 ribu per kilogram, sedangkan cabe merah keriting atau besar naik menjadi Rp 50 ribu.

Kurangnya pasokan dari para petani akibat musim kemarau menjadi penyebab naiknya harga cabai. Kenaikan harga cabai juga terjadi di Jakarta selama satu minggu dengan kisaran harga mencapai Rp 60-70 ribu.

Mahalnya harga cabai ini diduga dipengaruhi faktor cuaca yang panas di sejumlah daerah sehingga mempengaruhi hasil panen. Daya beli konsumen pun menurun dengan harga cabai yang mahal. (Rio Audhitama Sihombing)