Sukses

Ratusan Pelayat Beri Hormat Sebelum Jenazah Sutopo Dimakamkan

Liputan6.com, Boyolali - Ratusan pelayat termasuk petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghadiri prosesi pemakaman Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di TPU Sonolayu, Boyolali.

Setelah disalatkan dan dilakukan prosesi brobosan oleh keluarga di rumah duka, jenazah Sutopo langsung dibawa ke pemakaman. Di sana, jenazah Sutopo disambut oleh Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo serta ratusan pelayat. Mereka memberi hormat kepada jenazah Sutopo yang ditutup Bendera Merah Putih tersebut.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo pun turut hadiri prosesi pemakanan tersebut.

Usai memberi hormat, Doni Monardo membacakan riwayat hidup Sutopo dan bagaimana pengabdiannya selama bertugas di BNPB.

"Semoga akan lahir lagi Sutopo Sutopo muda yang bisa melanjutkan perjuangan Pak Topo," kata Doni Monardo saat pelepasan jenazah Sutopo di Boyalali, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019).

Doni mengatakan, walaupun dalam keadaan yang sulit dan sakit, Sutopo masih bisa memberikan pelayan publik yang terbaik, memberi informasi kepada khalayak, serta analisis terkait peristiwa apa yang terjadi dan langkah-langkah yang perlu dilakukan.

"Kita semua kehilangan. Keluarga besar BPNP telah berusaha semaksimal mungkin memberi pelayanan medis untuk Pak Topo semoga sembuh," ucap dia.

Usai prosesi pelepasan jenazah, Bendera Merah Putih yang sempat menutup peti Sutopo diberikan kepada sang istri oleh Doni Monardo. Kerabat pun langsung tabur bunga setelah jenazah dimasukkan ke liang lahat.

Usai pemakaman, para pelayat menyalami keluarga Sutopo satu persatu sebelum meninggalkan area makam.

2 dari 3 halaman

Perhatian untuk Sutopo

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, walaupun belum ada penghargaan resmi dari negara untuk Sutopo, semua pemimpin bangsa telah memberi perhatian dan penghargaan ke Sutopo. Selain itu, respons publik luar biasa, baik itu dari dalam maupun luar negeri, termasuk dunia maya.

BNPB, kata dia juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Luar Negeri Ratna Marsudi yang telah membantu, melalui Konjen RI di Guangzhou, China. Ucapan juga disampaikan kepada Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

"Menko Maritim yang kebetulan kemarin pagi di Guangzhou. Sehingga kepulangan jasad almarhum bisa cepat," kata dia.

Doni menambahkan, keluarga Sutopo menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan BNPB karena sudah berusahan memberikan kesembuhan kepada pria kelahiran Boyolali itu.

Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo meninggal pada Minggu, 7 Juli 2019 sekitar pukul 02.00 di Guangzhou, China saat menjalani pengobatan kanker di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: