Sukses

PKS Ingin Papua Maju, Adil, dan Sejahtera dalam Bingkai NKRI, Wajah Konkret Bhineka Tunggal Ika

Ketua Fraksi PKS DPR RIO Jazuli Juwaini menjadi narasumber utama pada acara Dialog Kebangsaan yang digelar oleh DPW PKS Papua dengan tema "Melukis Indahnya Keberagaman Papua" di Jayapura, Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PKS DPR RIO Jazuli Juwaini menjadi narasumber utama pada acara Dialog Kebangsaan yang digelar oleh DPW PKS Papua dengan tema "Melukis Indahnya Keberagaman Papua" di Jayapura, Papua pada hari ini, Rabu (19/6/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat Papua, Ketua DPW PKS Papua Kusmanto dan jajaran PKS Papua, seluruh Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD), serta kader dan simpatisan PKS Papua.

"Papua memiliki tempat istimewa bagi PKS karena Papua punya latar sejarah istimewa ketika bergabung dengan NKRI sehingga memiliki status otonomi khusus. Selain itu, Papua merupakan etalase bagi Indonesia sebagai provinsi paling timur dan berbatasan langsung dengan negara tetangga," ujar Jazuli Juwaini melalui keterangan tertulis, Rabu (19/6/2023).

Menurut Anggota Komisi I DPR ini, Papua adalah wajah konkrit kebhinekaan atau keberagamaan Indonesia. PKS hadir untuk merayakan keberagaman tersebut.

"Meski PKS partai Islam tetapi PKS terbuka dan milik seluruh rakyat Indonesia khususnya di Papua. Kita ingin berkolaborasi dengan sebanyak mungkin tokoh Papua dan alhamdulillah PKS di terima di sini dan banyak tokoh masyarakat Papua yang bergabung bersama PKS," ucap Jazuli.

Dia menilai, hal ini menunjukkan bahwa di tengah perbedaan masih sangat banyak persamaan atau titik temu yang bisa dikolaborasikan. Sehingga, kata Jazuli, kita tidak perlu mencari-cari perbedaan.

"Tetapi bagaimana kita bersatu dan bersama-sama membangun Papua yang maju, adil, dan sejahtera dalam bingkai NKRI," terang Jazuli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen PKS Jaga Kesatuan

Jazuli menegaskan, PKS berkepentingan dan berkomitmen agar sampai kapanpun keistimewaan dan kekhususan Papua tetap terjaga dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Papua menjadi pivot dari upaya negara untuk mewujudkan persatuan nasional yang bersumber dari keadilan dan pemerataan pembangunan," kata dia.

Dia menyebut, bagi PKS persatuan nasional sangat penting di tengah realitas keberagaman bangsa Indonesia yang luar biasa dan tantangan dunia, tetapi tidak akan ada persatuan tanpa keadilan dan pemerataan pembangunan yang dirasakan seluruh rakyat Indonesia, termasuk di Papua.

"Itulah pesan utama dari dialog kebangsaan PKS di berbagai tempat," ucap Jazuli.

 

3 dari 3 halaman

Sejalan dengan Tujuan Bernegara

Menurut Jazuli, pembangunan itu selaras dengan tujuan bernegara yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, serta keadilan sosial.

"Tentu tujuan bernegara itu bisa kita ikuti dan kita evaluasi agar selalu meningkat dan mengarah lebih baik. Tujuan bernegara itu merupakan proses yang tidak akan berkesudahan sepanjang negara ini masih ada. Dan PKS memastikan bahwa tujuan bernegara itu riil dan konkrit dilaksanakan di seluruh wilayah Papua. Maka, seluruh anggota dewan PKS di Papua harus turun dan aktif mengadvokasi kepentingan rakyat Papua," ucap dia.

"PKS siap berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat Papua untuk menjaga NKRI, mengokohkan persatuannya, serta mewujudkan keadilan dan pemerataan pembangunan di bumi Papua sehingga masyarakat Papua maju, bermartabat, adil dan sejahtera," pungkas Jazuli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.