Sukses

Peringati Haul Bung Karno, Basarah Singgung 4 Presiden Ultah di Bulan Juni

Menurut Basarah, Juni merupakan salah sati bulan spesial. Dimana empat dari tujuh presiden Indonesia lahir di bulan Juni.

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) menyelenggarakan peringatan 49 tahun meninggalnya Bung Karno. Kegiatan pun diawali dengan tahlilan bersama.

Ketua PA GMNI, Ahmad Basarah mengatakan bulan Juni banyak sejarah. Salah satunya yakni tercetusnya dasar negara Pancasila juga lahir pada bulan Juni dengan bantuan Bung Karno. 

"Jasa-jasa beliau yakni Bung Karno merajutkan tinta emas untuk menawarkan dasar negara dalam sidang BPUPK," kata Basarah di kantor GMNI, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2019).

Namun, dia menyayangkan penetapan tanggal lahir Pancasila sebagai libur nasional baru dicetuskan tiga tahun yang lalu saat pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Padahal Indoensia telah merdeka sejak 17 Agustus 1945.

Selain itu, Basarah juga menyatakan Juni merupakan salah sati bulan spesial. Dimana empat dari tujuh presiden Indonesia lahir di bulan Juni.

"Bung Karno lahir pada 6 Juni 1901, Pak Harto pada 8 Juni, BJ Habibie pada 25 Juni dan hari ini 21 Juni adalah hari ulang tahun Presiden ketujuh Joko Widodo," ucap dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan untuk Jokowi

Basarah mengharapkan Jokowi berumur panjang dan dapat menjalankan amanah hingga periode kedua pemerintahannya.

"Keluarga besar persatuan alumni GMNI mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Jokowi," jelas dia.

Dalam kegiatan tersebut juga tampak mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zulva, mantan Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono hingga sejumlah tokoh lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.