Sukses

Kapolri: Lebaran 2019, Situasi Indonesia Relatif Stabil

Hanya ada satu kasus yang menonjol di Indonesia. Satu kasus tersebut yakni percobaan bom bunuh diri yang terjadi du Kertasura, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, selama bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri 1440 Hijriah, situasi di Indonesia sudah cukup aman. Hal tersebut berdasarkan berdasarkan Operasi Mantab Brata 2019.

"Secara umum situasi stabilitas Katibmas relatif bagus selama operasi Mantap Brata yang dilakukan mulai tanggal 29 sampai dengan hari ini relatif stabil seluruh Indonesia," kata Tito di Masjid Al Ihlas, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).

Meski begitu, hanya ada satu kasus yang menonjol di Indonesia. Satu kasus tersebut yakni percobaan bom bunuh diri yang terjadi du Kertasura, Jawa Tengah.

"Hanya satu ada kejadian yang menonjol yaitu kasus percobaan bom bunuh diri di Kartasura tapi sudah kita lakukan penyidikan dan penyelidikan," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan, ledakan yang terjadi di pos polisi Kartasura diduga bom bunuh diri. Adapun pelakunya saat ini dalam kondisi kritis.

Ledakan terjadi sekitar pukul 22.30-22.45 WIB, Senin (3/6). "Satu orang jadi korban juga pelaku," kata Rycko di lokasi kejadian, Selasa (4/6).

Menurut Rycko, korban disebut juga sebagai pelaku karena hasil penyelidikan pihaknya ditemukan beberapa bahan peledak di tubuh pelaku.

"Bahan-bahan peledak itu menempel di bagian tangan, pinggang, dan kaki. Korban saat ini kritis," kata Rycko.

 

Reporter: Nur Habibie

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.