Sukses

Usai Rusuh 22 Mei, Pasar Tanah Abang Dibuka Keseluruhan Hari Ini

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin menyatakan, keputusan membuka kembali Pasar Tanah Abang berdasarkan keputusan bersama dengan beberapa pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Usai bentrokan pada aksi 22 Mei, Pasar Tanah Abang Blok A-G, Jakarta Pusat kembali dibuka pada Jumat hari ini (24/5/2019).

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin menyatakan, keputusan membuka kembali Pasar Tanah Abang berdasarkan keputusan bersama dengan beberapa pihak.

"Ekonomi di Jakarta aman, jadi kita mendorong untuk aman untuk memastikan kalau besok (Jumat) Pasar Tanah Abang seluruhnya buka, sesuai dengan apa yang sering rutinitas tiap hari," kata Arief di Jakarta, Kamis 23 Mei 2019 malam.

Selain itu, Arief menyebut pasar terbesar di Asia Tenggara tersebut juga menjadi salah satu tempat favorit masyarakat baik dalam negeri dan luar negeri. Apalagi dengan momentum jelang Lebaran, kata dia, transaksi akan lebih tinggi.

"Kita harapannya Tanah Abang sebagai pusat perekonomian harus tetap dipertahankan dan dijaga," jelasnya.

Sebelumnya, Pasar Tanah Abang ditutup sementara mulai 22-23 Mei 2019 pasca adanya bentrokan di kawasan Tanah Abang akibat adanya perusuh di aksi 22 Mei.

Arief menyatakan dengan ditutup sementara Pasar Tanah Abang, kerugian pedagang mencapai ratusan milliar. Sebab secara keseluruhan jumlah pedagang mencapai 14 ribu.

"Kalau potensi kerugian kita ada digital sebenernya, secara transaksi virtual juga sudah ada. Cuma secara fisik biasanya ada tamhahan edisi pengunjung, kurang lebih Rp 200 milliar setiap hari," kata Arief saat dihubungi, Rabu (22/5/2019).

Mengingat menjelang lebaran biasanya adanya peningkatan jumlah pembeli di Pasar Tanah Abang. Arief menyebut juga terdapat penutupan sementara untuk pasar di Jakarta Pusat yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.