Sukses

Penghasilan Nelayan Tembus Rp 5 Juta per Hari, Wiranto: Saya Jadi Nelayan Sajalah

Wiranto meninjau Sentral Kelautan dan Perikanan (SKPT) di Kabupaten Pulau Morotai.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto meninjau Sentral Kelautan dan Perikanan (SKPT) di Kabupaten Pulau Morotai.

Pembangunan SPKT termasuk salah satu peran pengelolahan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) yang dilakukan Kementerian Kelautan, dan Perikanan bekerjasama dengan BNPP di Pulau Morotai.

" Tadi Ibu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) saya telepon mengenai hambatan dan kesulitan pemasaran nelayan, tetapi beliau masih di Natuna," kata Wiranto di Kabupaten Morotai, Selasa (19/3/2019)

Wiranto pun mengaku kaget. Ternyata kehadiran SPKT memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para nelayan. Pendapatan nelayan perhari bisa menembus angka sampai Rp 5 juta perhari.

"Saya merasa sangat bangga bahwa program SPKT dapat memberikan kesejahterahan kepada masyarakat. Saya tanya nelayan penghasilan rata satu hari Rp 5 juta berarti satu bulan bisa mencapai 100 juta lebih. Kalau 100 juta lebih saya ingin berpindah jadi nelayan. Karena gaji jadi Menteri seperlimanya itu," kata Wiranto berkelakar.

Selain itu, kini nelayan mudah menangkap ikan. Tak perlu berlayar sampai jauh untuk mendapatkan ikan tuna. Biasanya harus berlayar 8 mil kini hanya membutuhkan jarak 2 mil sampai 3 mil saja.

"Operasi-operasi yang dilaksanakan Kementerian Kelautan, dan Perikanan yang diburu oleh nelayan semakin dekat ke pantai tadinya sampai 8 mil atau10 mil sekarang tiga mil sudah dapat tuna dengan bobot cukup besar yakni sampai 45 kilogram. Itu hasil dari program nawacita ketiga yakni membangun dari pinggiran," ujar Wiranto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 dari 3 halaman

Bukti Potensi Daerah

Wiranto menjelaskan, hasil tinjauan di Pulau Morotai nyatanya menjadi bukti bahwa masih banyak potensi-potensi daerah yang dapat ditingkatkan untuk mensejahterakan masyarakat

"Artinya apa kalau kita mau ada jalan. Kalau kita punya harapan pasti ada jalan. Catatan jalan itulah yang kita tempuh untuk melakukan bersama-samaSaya sangat bangga, sangat berbahagia takala melihat kekayakan melipah ruah dan tinggal bagaimana mengelolah dengan baik," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.