Sukses

Mentan Andi Amran Panen Raya Jagung di Tuban

Liputan6.com, Tuban - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kemarin melakukan panen raya jagung di Desa Talun, Kecamatan Montong, Tuban, Jawa Timur. Melihat hasil panen yang ada, Mentan optimistis Indonesia kembali akan melakukan ekspor jagung ke sejumlah negara.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (16/2/2019), di tahun 2018, Indonesia mengekspor jagung sebanyak 350 ribu ton. Di tahun 2019 ini, Mentan menargetkan Indonesia bisa mengekspor 500 ton jagung, mengingat hasil panen di sejumlah daerah tergolong surplus.

"Sekarang jagung sudah tersedia, bahkan dalam waktu dekat kita akan ekspor. Tahun ini mudah-mudahan bisa tembus 500 ton," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Di kesempatan panen raya ini, Mentan juga memberikan bantuan berupa 20 unit alat pengering jagung berkapasitas 10 ton, 10 unit traktor roda empat, 19 unit traktor roda, dan lima unit cultivator.

Dengan bantuan ini, Amran Sulaiman berharap petani dapat meningkatkan produktivitas jagungnya. Dengan begitu, selain ekspor kebutuhan di dalam negeri juga bisa terpenuhi dengan baik, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. (Rio Audhitama Sihombing)