Sukses

Jokowi Cerita Masa Kecil: Makan Satu Telur Dibagi Empat

Surtiyani mengatakan bahwa saking susahnya, sang ibu memberikan satu telur kepada setiap anaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menceritakan masa kecilnya yang hidup dengan kesulitan. Bahkan, Jokowi mengaku saking prihatinnya, dia pernah bersama kakak dan adiknya makan satu telur yang dibagi empat. 

Hal tersebut dikatakan Jokowi saat menghadiri penyerahan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Graha Insan Cita, Depok, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu awalnya memanggil salah satu penerima PKH bernama Surtiyani. 

Kepada Surtiyani, Jokowi menanyakan uang PKH dari pemerintah tersebut digunakan untuk apa saja. Dia menjawab uang tersebut digunakan untuk berbagai keperluan anak dan sehari-hari, salah satunya membeli telur. 

"Sehari diberi telur berapa anaknya? Setengah kilo?" tanya Jokowi.

Surtiyani mengatakan, bahwa dirinya memberikan satu telur kepada setiap anaknya. Jokowi pun teringat kisah satu telur, yang dibagi empat itu.

"Waktu saya kecil, orang tua saya, ibu saya telur satu dibagi empat. Saya (dapat) bagian kecil, bener ini. Mungkin bapak ibu mengalami itu," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Dana PKH

Mantan Walikota Solo itu pun mengingatkan agar para penerima bantuan PKH dapat mempergunakan uang yang diberikan pemerintah dengan sebaik-baiknya. Misalnya dimanfaatkan untuk menambah gizi anak atau keperluan pendidikan anak. 

"Kita tahu bahwa yang namanya PKH, BNPT dalam rangka memberikan, pertama urusan pendidikan anak. Jangan sampai dilupakan yang berkaitan dengan urusan pendidikan," kata Jokowi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.