Sukses

Cari Solusi Masalah di Masyarakat, Hary Tanoe Mengaku Jadi Rajin Blusukan

Kemudahan akses dana murah, kata Hary, diberikan bagi UMKM yang potensial, yang menekuni usahanya dengan serius dan tumbuh dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menilai pemberdayaan ekonomi rakyat harus dimaksimalkan agar masyarakat semakin sejahtera.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan yaitu memberikan kemudahan akses pinjaman dana kepada pelaku usaha kecil oleh pemerintah Daerah. 

"Bangun UMKM daerah. Berikan pembiayaan murah, pelatihan supaya berkembang, sehingga menciptakan lapangan kerja, omset makin besar, ikut membangun ekonomi daerah," kata Hary saat berkunjung ke Palembang.

Kemudahan akses dana murah, kata Hary, diberikan bagi UMKM yang potensial, yang menekuni usahanya dengan serius dan tumbuh dengan baik.

Adapun, bagi UMKM yang baru merintis, bisa diberikan berbagai pelatihan agar usahanya kian berkembang dan maju.

"Misal, pelatihan bagaimana melayani pelanggan dengan baik, bagaimana menjaga kualitas. Kulitas makanan, pelayanan dan harga sangat dibutuhkan untuk menarik konsumen," kata Hary Tanoe, Sabtu (9/2/2019).

Pria yang juga Ketua umum Federasi Futsal Indonesia itu menambahkan, kebutuhan dan permasalahan UMKM di setiap daerah berbeda. Jadi, setiap pihak perlu turun langsung untuk mengetahui permasalahan dan mencarikan solusi pengembangannya.

"Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun UMKM di daerah, kita harus tahu permasalahannya masing-masing," tutur Hary yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rajin Blusukan

Oleh karena itu, Hary mengaku saat ini sering berkeliling menemui masyarakat agar bisa memahami permasalahan yang terjadi. 

"Saya berkunjung ke daerah, sekaligus melihat kondisi di lapangan. Supaya realistis, tidak berteori. Kita tahu permasalahan daerah satu dengan daerah yang lain pasti berbeda," kata Hary.

Dalam kunnjungan ke Palembang, Hary Tanoe sempat mendengar cerita sejumlah warung usaha pempek. Kepada pengusaha pempek itu, Hary memberikan saran dan motivasi. 

"Dalam satu hari cukup banyak pengunjung, 12 jam kerja, dan baru punya satu tempat, padahal omzetnya besar. Jadi, saya sarankan untuk buka di tempat lain," ungkap Hary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.