Sukses

Tanggung Jebol, Perumahan di Tangsel Banjir 1 Meter

Akhirnya, sejumlah perumahan di Kampung Bulak Kavling Permai RT 04/02, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, terendam hingga 100 cm.

Liputan6.com, Tangerang Hujan deras yang terjadi di wilayah Kota Tangerang Selatan siang tadi, membuat tanggul di Kampung Bulak tak kuat menahan luapan air dari Kali Serua. Akhirnya, sejumlah perumahan di Kampung Bulak Kavling Permai RT 04/02, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, terendam banjir hingga 100 cm. 

"Hujannya memang dari siang, cuma saking derasnya tanggung jebol sekitar jam 12.30 WIb, itu pas Jumatan," ujar Suratman, salah seorang warga, Junat (1/2/2019).

Seketika itu juga, air membanjiri seluruh kavling dengan cepat. Bahkan, Suratman mengatakan, tinggi air mencapai sekitar 150 cm atau leher orang dewasa. 

Hingga malam ini pun, banjir masih melanda. Meskipun tidak sedalam tadi siang. "Paling sekarang sekitar 50 sampai 60 cm," katanya. 

Air yang masih menggenang membuat beberapa warga mengungsi di Masjid Raya Arrahman di Kavling Permai RT 04/02. Namun, masih banyak warga yang memilih tinggal di dalam rumahnya.

Di dalam pengungsian di Masjid Raya Arrahman, tampak beberapa anak kecil yang mengungsi. Lela, ibu dari anak itu mengatakan ketika banjir datang anaknya tengah pergi bersama ayahnya.

"Pas banjir dia lagi pergi sama ayahnya, sekarang mengungsi di sini. Semoga ada bantuan obat-obatan, soalnya masuk angin dia," ujarnya.

Sementara, Sekretaris Kelurahan Pondok Kacang Timur, Ade Helmi menjelaskan, tanggul yang jebol ternyata memiliki panjang 25 Meter. Hal itu menjadi penyebab tingginya banjir di Kavling Permai RT 04/02. 

"Saya tadi sudah cek, tanggul yang jebol itu sekitar 25 meter. Itu tanggul lama yang belum dibenahi," ujarnya.

Akibat banjir ini, 52 rumah atau seluruh rumah dengan 70 KK di Kavling Permai RT 04/02 terendam banjir.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.