Sukses

Jokowi dan Quraish Shihab Bahas Islam Moderat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menemui salah satu ulama terkemuka, Quraish Shihab di Pondok Pesantren Bayt Alquran, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menemui salah satu ulama terkemuka, Quraish Shihab di Pondok Pesantren Bayt Alquran, Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Pada pertemuan itu, keduanya membahas soal Islam moderat.

"Banyak tadi yang kita perbincangkan. Tetapi intinya tadi mengenai moderasi Islam, Islam yang moderat. Wasathihay Islam. Itu yang kira-kira kita perbincangkan," kata Jokowi di Pondok Pesantren Bayt Al-Qur'an Pondok Cabe Tangerang Selatan, Jumat (25/1/2019).

Pertemuan keduanya berlangsung secara terutup. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku mendapat banyak masukan dari Quraish Shihab tentang apa yang harus dilakukan negara terkait Islam moderat.

"Ya banyak sekali (masukan). Sudah ditulis semua, beliau menyampaikan apa-apa yang harus negara lakukan dalam rangka tadi yang saya sampaikan," ujar Jokowi.

Sementara itu, Quraish Shihab menyatakan Pusat Studi Alquran yang didirikannya ini menitikberatkan seluruh kegiatan pada Islam yang moderat. Menurut dia, saat ini dunia membutuhkan moderasi, bukan kekerasan.

"Saya kira itu sebabnya. Dunia sekarang membutuhkan moderasi bukan membutuhkan kekerasan," ucap ayah presenter Najwa Shihab itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Santai

Pertemuan keduanya berlangsung cukup santai. Bahkan, sesekali keduanya tertawa bersama. Jokowi sempat bertemu serta berfoto bersama para santri ponpes Bayt Alquran.

Dalam kesempatan ini, Jokowi turut didampingi oleh Ibu Negara Iriana. Selain itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.