Sukses

Banjir Bandang Hantam Jembatan Plompong di Brebes hingga Putus

Luapan sungai keruh mengakibatkan tiang jembatan di sisi selatan ambrol. Aktivitas warga pun terganggu.

Liputan6.com, Brebes - Hujan deras berkepanjangan mengakibatkan banjir bandang yang menghantam Jembatan Plompong, Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Rabu (23/1/2019), warga yang biasa melintasi jembatan itu, baik untuk sekolah, bekerja ataupun berniaga kini hanya bisa memandangi kedua sisi jembatan yang ambrol akibat diterjang banjir bandang.

Luapan sungai keruh mengakibatkan tiang jembatan di sisi selatan ambrol. Aktivitas warga pun terganggu. Kini mereka harus berkendara sekitar satu jam melalui Kecamatan Bumiayu untuk durasi yang tadinya hanya 15 menit.

"Tiap hari saya lewat sini, paling cari alternatif lain," kata guru Rifai.

Sebuah video amatir merekam detik-detik saat Jembatan Plompong ambrol diterjang banjir bandang akibat luapan sungai keruh Senin sore kemarin. Sebelumnya, hujan deras terjadi di kawasan itu selama beberapa jam.

Sejak jembatan sepanjang 70 meter dan lebar 2,5 meter itu ambrol, ribuan warga terisolasi. Sebab jembatan itu merupakan akses satu-satunya ke kota kecamatan. (Muhammad Gustirha Yunas)