Sukses

Bugar hingga Bikin Gemas, Begini Tampilan Baru Ahok di Rutan Mako Brimob

Liputan6.com, Jakarta - Saat masih aktif menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama adalah orang yang sangat suka berolahraga. Di sela kesibukannya dia tak lupa sempatkan diri berolahraga ringan. Maka tak heran jika Ahok kerap terlihat bugar.

"10 menit cukup untuk berolahraga ringan. Mulai dari senam jantung, sit up, push up, dan squat. Itu kan gerakan mudah dan sederhana," kata Ahok usai menghadiri diskusi 'Indonesia Diabetes Leadership Forum' di JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta, 2014 silam.

Hal ini dibuktikannya saat melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Jakarta Pusat. Saat itu bersama Djarot Syaiful Hidayat, Ahok maju untuk Pilkada 2017.

"Semua bobotnya berat. Di atas 50 kg tadi gue timbang," ucap pria penyuka durian itu.

Di tengah menjalani kampanye, pria kelahiran Bangka Belitung itu juga didera dengan isu penodaan agama yang dituduhkan kepadanya. Fisiknya juga terlihat lebih kurus. Hal ini diakuinya saat blusukan menemui sejumlah warga di kawasan Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Rabu 21 Desember 2016 silam.

"Kurusan juga, enggak sempat makan karena salaman mulu soalnya, hehe," canda Ahok sembari memegang ukuran pinggang celananya saat itu.

Dia pun harus mulai beradaptasi dengan kondisi penjara usai divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Tak mudah bagi Ahok untuk beradaptasi di lingkungan baru. Hal ini terlihat saat Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengunjunginya di Rutan Mako Brimob seminggu kemudian.

"Cuma nengok, saat ditanya sehat atau tidak, dia (Ahok) bilang sehat. Badannya terlihat lebih langsing, tadi juga banyak bicara," ucap Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Setelah beberapa bulan, ada yang lain dari penampilan BTP. Para sahabat dan keluarganya mengaku, Ahok terlihat jauh lebih keren. Sekeren apakah yang dimaksud? 

2 dari 6 halaman

1. Semakin Bugar

Setelah tujuh bulan lamanya menginap di hotel prodeo Mako Brimob, Ahok mulai menyesuaikan diri. Terbelit rutinitas saat menjabat Gubernur DKI Jakarta membuat mantan suami Veronica Tan itu jarang untuk berolahraga dan sering terlambat makan siang. Nana, kakak angkot Ahok menyebutnya 'robot' kala itu.

"Setiap hari, dia bangun sebelum subuh. Pukul 04.30 WIB, dia selalu berolahraga. Setelah itu, baru sarapan dan mandi. Sebab pukul 07.30 WIB, dia harus sudah sampai di Balai Kota Jakarta. Waktu makan saja, dia masih terima tamu lho. Kapan untuk dirinya sendiri? Makanya, sekarang, senanglah Ahok lebih bugar," tutur Nana.

Lantaran sering berolahraga, lanjut Nana, kulit Ahok semakin menghitam. Namun, hal itu disyukurinya karena di dalam rutan jiwa raga Ahok semakin sehat.

"Tambah keren sekarang badannya. Sudah enggak ada perutnya. Rajin olahraga. Apalagi dia kan tinggi ya. Keren jadinya," ujar Nana kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

3 dari 6 halaman

2. Lebih Berotot

Hal sama juga dituturkan Djarot Saiful Hidayat. Djarot menilai secara fisik, teman duetnya selama memimpin DKI Jakarta itu terlihat lebih berotot.

"Pak Ahok sekarang berotot dia, rajin olahraga," kata Djarot di Wisma Kinasih, Jalan Tapos, Depok Jawa Barat, Selasa, 12 Desember 2017.

Menurut pengakuan Ahok selama mendekam di rutan Mako Brimob, hari-harinya lebih banyak diisi dengan berolahraga, menulis, menjawab surat-surat yang masuk, dan menandatangani buku miliknya yang dijual terbatas.

Hal unik lainnya yang ditemui Djarot saat bertemu Ahok bahwa pria kelahiran 29 Juni 1966 itu sedang ngidam buah berbau khas, yakni durian.

4 dari 6 halaman

3. Chubby  

Olahraga, itulah salah satu rutinitas Ahok selama mengahabiskan waktunya di penjara. Di samping itu, ayah dari Nicholas Sean, Nathania Berniece, Daud Albeenner ini juga menyempatkan dirinya untuk menulis buku.  Satu hal yang tak mungkin dia lakukan saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta karena kesibukannya.

Di saat Ahok tengah disibukkan dengan kegiatan barunya selama di Rutan Mako Brimob Depok, tak sedikit masyarakat yang penasaran dengan kabarnya. 

Salah satunya, seperti apa penampilan Ahok sekarang. Kepada Liputan6,com, kakak angkat Ahok membagi ceritanya.

"Sekarang gendut. Chubby," kata kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie, kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Tepat pada setahun lalu, Nana pernah mengatakan Ahok makin rajin berolahraga. Kebiasaan baru itu menyebabkan badan Ahok makin keren.

Kulit Ahok juga semakin menghitam lantaran suka berjemur.

"Lagi mau kurusin lagi, sih. Sekarang enggak gendut banget juga, sih. Sekel-lah. Makin bikin gemes wanita. He-he-he...," ujar Nana.

5 dari 6 halaman

4. Tambah Cakep

Sebelumnya, pada Jumat 7 September 2018, kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie kembali menceritakan pertemuannya dengan sang adik di Rutan Mako Brimob.

Menurut Nana, banyak hal yang dia dan Ahok bicarakan saat itu. Salah satunya tentang sosok Bripda Puput dan isu-isu lain. 

Namun, ada satu yang menjadi perhatiannya. Penampilan Ahok tambah cakep. Setelah keluar penjara, Nana yakin sang adik akan mengejutkan banyak orang dengan penampilan barunya.

"Pak Ahok tambah cakep, sehat jasmani dan rohani. Badannya makin segar dan padat karena banyak olahraga," ujar Nana ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (10/9/2018).

"Pastinya (bikin kaget). Hehe," lanjut dia. 

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tas Mencurigakan Dilempar ke Gerbang Polres Bengkulu

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Besok Bebas, Ahok Ingin Lihat Sakura di Jepang
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Benarkah Ahok Akan Menikahi Bripda Puput?