Petugas Gabungan Dikerahkan Bersihkan Sampah di Kolong Tol Wiyoto Wiyono

Petugas Gabungan Dikerahkan Bersihkan Sampah di Kolong Tol Wiyoto Wiyono

Sekitar 200 petugas lingkungan hidup gabungan dari enam kecamatan di Jakarta Utara kembali dikerahkan untuk membersihkan sampah di sepanjang kolong Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (16/1/2019), petugas gabungan dikerahkan karena volume sampah tidak sebanding dengan petugas dan kendaraan pengangkut milik Kecamatan Tanjung Priok.

Selain itu, puluhan gerobak motor dikerahkan untuk mengangkut sampah. Hingga Selasa siang, sedikitnya 180 meter kubik sampah sudah diangkut dari kawasan ini. Petugas menargetkan pembersihan di kolong Tol Wiyoto Wiyono selama satu minggu.

"Personel kita minim hanya 11 unit, ini harus dilakukan menggunakan personel yang banyak juga," kata petugas lingkungan hidup Muhamad Yamin.

Menurut ketua RT setempat, menumpuknya sampah akibat warga dari berbagai kelurahan membuang sampah di tempat ini. Sebagian besar justru bukan warga setempat. Apalagi mereka membuang sampah pada malam hari sehingga tidak ada yang mengawasi.

"Bukan warga setempat juga, tiba-tiba malam sudah menumpuk, nggak kelihatan buangnya," ucap Ketua RT Ujang Johan.

Pada April 2018, petugas sudah membersihkan puluhan ton sampah dari tempat ini. Namun, selang beberapa bulan, sampah kembali menumpuk karena rendahnya kesadaran warga membuang sampah di tempatnya.

Selain itu, di kawasan ini tidak ada lokasi pembuangan sampah sementara atau TPS. Oleh karena itu pemerintah kecamatan berencana membangun TPS. (Muhammad Gustirha Yunas)

Ringkasan

Oleh Mevi Linawati pada 16 January 2019, 08:03 WIB

Video Terkait

Spotlights